Emzalmi Tinjau Penyebab Banjir di Dua Kelurahan di Lubeg

Selasa, 02 Agustus 2016, 20:27 WIB | News | Kota Padang
Emzalmi Tinjau Penyebab Banjir di Dua Kelurahan di Lubeg
Wawako Padang, Emzalmi memerhatikan bendungan irigasi di hulu Sungai Batu Kasek yang tak dilengkapi pintu air, dalam kunjungan ke kawasan itu, Selasa (2/8/2016). Bendungan tanpa pintu air ini diduga sebagai pemicu terjadinya banjir di sejumlah kawasan di
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Sering ditimpa banjir, menyebabkan beberapa kawasan khususnya di Komplek Griya Elok, Kelurahan Kelurahan Batuang Taba Nan XX, Kecamatan Lubuak Bagaluang, perlu upaya antisipasi dari pihak terkait.

Menyikapi itu, Wakil Walikota Padang, H Emzalmi bersama jajaran, meninjau lokasi pada beberapa titik yang rentan terkena banjir selama ini, Selasa (2/8/2016). Dengan berjalan kaki, Emzalmi bersama rombongan, menapaki aliran saluran air hingga ke hulu sungai, guna melihat penyebab terjadinya bencana yang sering menghantui warga yang terakhir kembali terjadi, Senin (1/8/2016).

"Kita menyadari betul, masih banyak terdapat genangan air dan beberapa tempat yang sering terkena banjir di Padang. Kali ini, beberapa kawasan mulai dari Perumahan Griya Elok, Batu Kasek, Arai Pinang, Parak Pegambiran dan Komplek Pegambiran Permai, kita menyisiri sumber air hingga ke hulu sungai," ungkap Emzalmi.

"Memang, di hulu Batang Jirak di Sungai Batu Kasek ini, terdapat sebuah bendungan yang dibuat secara sangat sederhana dulunya. Itulah yang mengakibatkan bendungan ini tidak berfungsi secara baik. Jika terjadi hujan deras lebih dari dua atau tiga jam, limpahan air di sungai jadi tidak terkendali dan itulah yang memicu banjir," tambah Emzalmi di sela peninjauan.

Baca juga: Emzalmi Lepas Jenazah Ibunda Arfian

Dia menyebutkan, untuk bendungan yang ada di Sungai Batu Kasek itu, perlu dibangun ulang sesuai standar. Hal itu dikarenakan, bendungan yang ada saat ini pintu airnya tidak ada, sehingga air dari hulu tidak lancar tersalurkan sampai ke hilir.

"Sehingga, ketika hujan tinggi mengakibatkan air sungai melimpah ke kiri dan kanan. Jadi ini salah satu yang menyebabkan beberapa kawasan perumahan di daerah tersebut terkena banjir," sebutnya. (Baca: Bendungan di Sungai Batu Kasek Perlu Diubah)

Dikatakan, di kawasan tersebut, ia juga melihat saluran air yang banyak tidak terpelihara dengan baik. Di antaranya, seperti adanya warga yang membuat ikan larangan di sungai dengan membuat pembatas berupa bronjong, sehingga terjadi pendangkalan dasar sungai. Hal itu juga memicu terjadinya luapan air ketika terjadi hujan deras.

"Langkah kita yang pertama saat ini adalah, paling tidak memasang dulu pintu air di bendungan yang ada sekarang. Kemudian, kita juga telah mengusulkan ke Balai Sungai, agar bendungan yang ada sekarang bisa dibuat secara permanen sesuai standar. Semoga, jika ini sudah tercapai, Insya Allah banjir akan bisa teratasi di daerah ini," harap Emzalmi.

Baca juga: Pelimpahan Wewenang Wali Kota ke Camat Dikupas

Menurut dia, secara keseluruhan untuk Kota Padang di tahun ini bersama Balai Sungai, sedang menyusun master plane tentang perbaikan drainase.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: