Kalau Temukan Pungli dan Perpeloncoan, Segera Lapor ke Ombudsman

Sabtu, 23 Juli 2016, 16:40 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Kalau Temukan Pungli dan Perpeloncoan, Segera Lapor ke Ombudsman
Para siswa baru di salah satu SMA di Kota Padang, tengah berbaris dalam kegiatan pengenalan sekolah baru. (saridal/valoranes)

VALORAnews -- Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar), mewanti-wanti kepada sekolah yang ada di Sumbar untuk tidak melakukan praktek perpeloncoan dan pungutan liar (pungli). Jika ada masyarakat yang mengetahui praktek yang dilarang ini, segera laporkan ke Ombudsman.

Saat ini, Ombudsman Perwakilan Sumbar tengah memantau secara diam-diam pelaksanaan pengenalan siswa baru dan aktivitas lainnya di sekolah yang ada di Sumbar. Jika kedapatan, langsung ditindaklanjuti.

"Kita terus melakukan pemantauan ke sekolah yang ada di kabupaten/kota di Sumbar. Namun sejauh ini, belum ada kendala. Begitu juga terkait pungutan yang diminta sekolah terhadap pembelian seragam sekolah, belum juga ada temuan," sebut Kepala Ombudsman Sumbar, Yunafri, Jumat (22/7/2016).

Dari hasil pantauan Ombudsman sejak mulai sekolah pada tahun ajaran baru ini, belum melihat adanya terjadi perpeloncoan. Meski begitu pihaknya terus melakukan pemantauan.

Baca juga: Mentawai Raih Penghargaan Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Kualitas Tinggi dari Ombudsman

"Kita meminta kepada masyarakat, jika melihat atau menemukan kejanggalan selama pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah untuk dilaporkan," sebutnya.

Ia mengatakan, pemantauan yang dilakukan Ombudsman juga terkait pembelian seragam sekolah. Namun dalam pemantauan di beberapa kabupaten/kota, masih dalam kondisi wajar.

Yunafri menambahkan, pemantauan yang telah dilakukan, yakninya di Kota Padang, Padangpariaman, Padangpanjang, dan Bukittinggi. Lalu akan terus dilakukan pemantauan ke daerah lain.

"Kami juga menerima masukan, jika ada yang menemukan ada pungutan yang di luar ketentuan diberlakukan pihak sekolah. Jika ada laporkan, kami bakal turun untuk menyelidikinya," ujarnya.

Baca juga: Ombudsman Sumbar Evaluasi Pelayanan Kepatuhan Pemkab Mentawai

Sementara itu, Kepala Bidang pendidikan menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Nasmeri mengungkapkan, pihaknya juga belum menerima laporan adanya perpeloncoan yang terjadi selama pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah yang dilaksanakan di SMP dan SMA yang ada di Sumbar.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: