Ikbal Tutupi Kematian Harimau Sumatera karena Takut Jadi Sorotan Dunia

Selasa, 19 Juli 2016, 09:04 WIB | News | Kota Bukittinggi
Ikbal Tutupi Kematian Harimau Sumatera karena Takut Jadi Sorotan Dunia
Pandeka Balang dan Mantagi, dua ekor anak harimau sumatera, satwa koleksi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi. (mongabay)

VALORAnews - Akhirnya, setelah disudutkan berbagai media perihal kematian 3 ekor anak Harimau Dahan dan 2 ekor anak Harimau Sumatera, Kabid TMSBK Bukittinggi, Ikbal, angkat bicara.

Kepada wartawan, Ikbal mengatakan, pihaknya terpaksa menutupi kematian hewan langka tersebut.

"Kita kekurangan data penyebab kematian harimau ini, karena itu tak kita publish," ujarnya saat jumpa pers bersama wartawan, Senin (18/7/2016).

Ikbal terpaksa mengambil langkah ini, karena takut akan jadi sorotan. Karena, kasus kematian 5 ekor harimau yang terjadi dalam waktu berdekatan tersebut, dapat menimbulkan polemik karena susah mengungkapkan fakta penyebab kematiannya yang tak diketahui.

Baca juga: Ini Penyebab Kematian Harimau Versi Manajamen Kebun Binatang Bukittinggi

"Sampai F3 (Keturunan ketiga) Harimau akan selalu jadi sorotan dunia," kilahnya.

Saat sudah mendapat data lengkap, Ikbal baru bisa memastikan apa penyebab kematian hewan tersebut kepada khalayak, sehingga ia bisa menjawab apa yang jadi penyebab kematian hewan yang jadi idola publik Bukittinggi tersebut.

Sebelumnya, Dokter Hewan dari TMSBK merilis data yang menyebutkan, kematian dari lima ekor anak harimau ini disebabkan adanya faktor genetika yang menimbulkan berbagai penyakit, sehingga membuat harimau ini sulit berkembang dan berujung pada kematian. (cr6)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: