Horeeee....Gaji 14 Cair Sebelum Lebaran

Kamis, 12 Mei 2016, 17:12 WIB | Kuliner | Nasional
Horeeee....Gaji 14 Cair Sebelum Lebaran
Personel Satpol PP Padang, saat mengikuti agenda HUT Linmas dan Satpol PP 2016. Sebagai tenaga kerja berstatus kontrak, tentu mereka juga mengharapkan adanya tunjangan THR pada lebaran 1437 hijriah ini. (humas)

VALORAnews - Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Untuk pertama kalinya dalam sejarah PNS, pemerintah akan menyiapkan gaji ke-14. Gaji ini merupakan pengganti dari kenaikan gaji PNS setiap tahunnya.

Pemerintah sendiri menyatakan akan membayar gaji ke-14 untuk PNS sebelum Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 6-7 Juli 2016.

Direktur Penyusunan APBN Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Kunta Nugraha mengatakan pembayaran gaji ke-14 berdekatan dengan pembayaran gaji ke-13. "Kemungkinan dekat-dekatan dengan lebaran," katanya, Sabtu (7/5/2016).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Yuddy Chrisnandi sebelumnya mengatakan gaji ke-14 dialokasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat saat merayakan Idul Fitri. Pasalnya, menjelang hari raya, kebutuhan PNS pun meningkat.

"Gaji ke-14 ini terkait THR, diberikan di bulan Ramadan. Selambat-lambatnya 10 hari sebelum Idul Fitri," kata Yuddy.

Adapun mekanisme pencairan gaji ke-14 ini sama persis dengan mekanisme pencairan gaji ke-13, dimana besarannya hanya satu kali dari gaji pokok. "Jadi sama dengan gaji pokok, gaji pokok ini kan tergantung masing-masing golongan," tambahnya.

Pemerintah sendiri telah mengalokasikan dana hampir Rp80 triliun untuk membayar gaji ke-14 PNS. Saat ini jumlah PNS mencapai 4,5 juta orang dengan golongan berbeda-beda.(*)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: