Relawan Komunitas Peduli ASEAN Gelar Temu Nasional

Jumat, 29 April 2016, 18:15 WIB | Kuliner | Nasional
Relawan Komunitas Peduli ASEAN Gelar Temu Nasional
Relawan KAPAS dan Komunikonten melakukan proklamasi penggunaan media sosial untuk kepentingan nasional di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (24/4/2016). (istimewa)

VALORAnews - Wakil Menteri Luar Negeri RI, AM Fachir akan membuka Pertemuan Nasional Relawan Komunitas Peduli ASEAN, Sabtu (30/4/2016), pukul 08.00 pagi, di Ruang Nusantara, Lantai 2 Kementerian Luar Negeri RI, Jl Taman Pejambon 6, Jakarta Pusat.

A.M Fachir mengatakan, Kemenlu RI mendukung inisiatif Pertemuan Nasional yang digagas Relawan Komunitas Peduli ASEAN ini. .

"Sebagai kawasan terdekat, Asia Tenggara merupakan prioritas politik luar negeri Indonesia, dengan keberadaan kalangan muda dari berbagai daerah menandakan ASEAN penting bagi kita semua," kata AM Fachir di Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Hariqo Wibawa Satria, Koord Relawan Komunitas Peduli ASEAN menjelaskan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan gotong royong generasi muda agar Indonesia juara ASEAN.

"Tanpa peningkatan gotong royong, Indonesia akan terus minta tolong kepada bangsa lain, kita harus bersatu di darat, udara dan laut dalam isu-isu terkait kepentingan nasional," jelas Hariqo.

Hariqo menambahkan, kita akan berusaha menjadikan tagar #IndonesiaJuaraASEAN trending di media sosial. Memang tak mudah, karena kita belum banyak, namun dengan dukungan semua anak muda Indonesia, kita yakin bisa. Kedepan, kita akan rutin menjadikan tagar #IndonesiaJuaraASEAN trending di medsos, utamanya pada hari Sabtu, di minggu kedua, dan keempat setiap bulannya.

"Tagar #IndonesiaJuaraASEAN mengingatkan bahwa kita bisa. Kita mengajak semua generasi muda berpartisipasi, pasar bebas ASEAN adalah kompetisi bukan semata integrasi," jelas alumnus Pascasarjana Jurusan Diplomasi Internasional Universitas Paramadina ini.

Sementara itu, Subhan Husaen Albari, Ketua Panitia kegiatan ini menjelaskan, pertemuan ini akan berlangsung dari pukul 07.00 -- 16.00 WIB. Relawan akan menggunakan kaos bertuliskan nama daerah, kuliner, tujuan wisata yang ada di daerahnya masing-masing.

Narasumber yang dipastikan hadir di antaranya; AM Fachir (Wamenlu RI), JS George Lantu (Direktur Kerjasama Fungsional ASEAN Kemlu RI), Siti Sofia Sudarma (Direktur Informasi dan Media), Arif Budimanta (Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional), Fachry Ali (Pendiri Lembaga Studi dan Pengembangan Etika Usaha), Nukman Lutfie (CEO Jualio.com) dan Hariqo Wibawa Satria (Relawan Kapas dan Komunikonten).

"Semua narsum akan hadir," katanya singkat.

Komunitas Peduli ASEAN (KAPAS) berdiri 22 Januari 2010. Sejak 2012 lewat medsos, KAPAS mengusung moto "Setiap Kita Adalah Diplomat", KAPAS aktif dalam diskusi di berbagai kampus di Indonesia. Terakhir, Minggu (24/4/2016), relawan KAPAS dan Komunikonten melakukan proklamasi penggunaan media sosial untuk kepentingan nasional di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: