Sekarang Pariaman Punya Pabrik Pupuk

Jumat, 25 Maret 2016, 14:45 WIB | News | Kota Pariaman
Sekarang Pariaman Punya Pabrik Pupuk
Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman menandatangani prasasti peresmian pabrik pupuk PT Suwarni Agro Mandiri, Kamis (24/3/2016) (humas)

VALORAnews---Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan pabrik pupuk di Desa Padang Cakur Kecamatan Pariaman Selatan. Pabrik berkapasitas produksi 10.000 MT (metrik ton) itu berdiri di atas lahan seluas 3000 meter/persegi di Jalan H Sidi Muhammad Ilyas, Desa Padang Cakur.

Irwan mengatakan, keberadaan pabrik pupuk ini mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka pencapaian swasembada dan kemandirian pangan.

"Hal ini merupakan wujud visi kota perdagangan dan jasa di Kota Pariaman dan Sumatera Barat dan terbuka kepada investor untuk masuk dan membangun daerah Kota Pariaman," kata Irwan saat peresmian Kamis (24/3/2016) dikutip dari siaran pers Humas Pemko Pariaman.

Pabrik pupuk milik PT Suwarni Agro Mandiri itu, diharapkan mampu menyerap tenaga kerja dari warga lokal, sehingga tidak ada lagi warga Pariaman yang menganggur. "Dengan demikian, akan terjadi peningkatan nilai ekonomi di daerah," ujarnya.

Baca juga: Warga Pukul Petugas Saat Turunkan APK Pemilu 2024 di Padang Pariaman, Dandim 0309 Ingatkan Jangan Kasar

Irwan Prayitno berharapkan pabrik ini mempunyai peran sangat penting dalam pencapaian swasembada dan kemandirian pangan. Suksesnya pengembangan sejumlah industri di Kota Pariaman maupun di daerah lain di Sumatera Barat merupakan hasil kerjasama dan tanggungjawab semua pihak.

"Bagi daerah ini satu hal yang sangat membahagiakan, karena ribuan tenaga kerja akan diserap dan petani kita juga akan lebih tenang, karena ketersediaan pupuk di daerah ini," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Suwarni Agro Mandiri Hazmin Maksum mengatakan, nama perusahaan produksi pupuk ini diambil dari nama ibunya Suwarni yang merupakan putri almarhum Sidi Muhammad Ilyas, ulama dan tokoh Muhammadiyah Pariaman, asli Kuraitaji. (lok/rel)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: