1.532 Petugas Sensus Dilatih

Kamis, 17 Maret 2016, 18:05 WIB | News | Kota Padang
1.532 Petugas Sensus Dilatih
Sekda Padang Nasir Ahmad membuka pelatihan petugas sensus ekonomi 2016 di Rocky Hotel, Kamis (17/3/2016) (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Petugas pendataan Sensus Ekonomi (SE) dituntut untuk lebih jeli dalam melakukan pendataan. Sebab data yang dikumpulkan oleh petugas akan bermanfaat bagi pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad saat membuka pelatihan petugas sensus ekonomi Kota Padang di Rocky Hotel, Kamis (17/3/2016).

"Petugas pendata sensus agar menghasilkan data yang sangat akurat serta betul-betul jeli dalam melaksanakan pendataan. Karena data ini sangat bermanfaat, bukan saja bagi pemerintah tetapi juga bagi seluruh lapisan masyarakat," ujar Nasir Ahmad.

Pada hari itu sebanyak 1.532 petugas sensus diberikan pelatihan. Mereka direkrut dan dibekali berdasarkan mekanisme yang telah ditetapkan untuk melakukan pendataan ribuan usaha dan perusahaan yang ada.

Baca juga: Sensus Ekonomi 2016 Dimulai

"Sensus Ekonomi selaras dengan program nawacita pemerintah yaitu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar Internasional. Sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik," tukas Sekda.

Rangkaian kegiatan Sensus Ekonomi 2016 akan memasuki tahapan paling penting. Yakni pencacahan lapangan. Karena itulah seluruh petugas lapangan mesti dilatih dan dibekali.

Nasir Ahmad menekankan kepada petugas sensus agar kualitas data yang dihasilkan harus benar-benar terjamin. Karena petugas pendataan langsung berhadapan dengan responden.

"Data itu nantinya sangat menentukan hasil pembangunan Kota Padang. Diharapakan jangan sampai terjadi garbage in dan garbage out atau sampah masuk dan sampah keluar. Harapan kita sangat tertumpang kepada Mitra BPS yang sudah terpilih ini," ujarnya.

Baca juga: Wabup Liko Lepas 301 Petugas Sensus Ekonomi 2016

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Kota Padang, Erizal melaporkan bahwa kegiatan tersebut dibagi dalam enam gelombang. Gelombang pertama sebanyak 150 orang petugas mendapat pelatihan. Setiap kelas pelatihan akan diisi 30 orang petugas dan mengikuti pelatihan selama lima hari. "Gelombang pertama akan dimulai pada hari ini," ucapnya.(vri/rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: