Didesak Ikut Pilkada Lagi, Riza: Bengkalai Tugas Saya Masih Banyak

Rabu, 02 Maret 2016, 09:45 WIB | News | Kota Payakumbuh
Didesak Ikut Pilkada Lagi, Riza: Bengkalai Tugas Saya Masih Banyak
Wako Payakumbuh, Riza Falepi. (humas)

VALORAnews - Desakan masyarakat terhadap H Riza Falepi untuk maju kembali menjabat Walikota Payakumbuh untuk kedua kalinya, periode 2017-2022, makin terus mengalir. Namun, Riza Falepi, masih adem, belum menanggapinya secara serius.

"Saya masih kosentrasi menyelesaikan RPJMD Payakumbuh 2012-2017," kata Riza berkelit, saat dihubungi di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Senin (1/3/2016), seperti dikutip dari siaran pers Pemko Payakumbuh.

Diakui Riza, tokoh masyarakat pada seluruh nagari di lima kecamatan di Payakumbuh serta kalangan perantau, terus mendesaknya untuk maju. Tapi, menurut Riza, ia belum terburu-buru menyatakan sikap. Karena, amanah yang tengah ia pikul, masih menyisakan bengkalai yang harus diburu penyelesaiannya dalam tahun ini.

Menurut Riza, program yang akan dilakukan, pembangunan normalisasi, pembenahan, jalan dan taman pada kedua sisi Sungai Batang Agam, dari Balai Panjang sampai ke Payobasung. "Ini proyek strategis yang membutuhkan dana sangat besar. Tahap awal pemerintah pusat sudah menyiapkan dana Rp60 miliar, buat memulai pekerjaan ini," kata Riza.

Baca juga: 75 WRSE Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Angkatan IX, Supardi: Jadilah Motor Penggerak Ekonomi Payakumbuh

Menjadikan Batang Agam sebagai objek wisata dan pusat pertumbuhan ekonomi baru, dikatakan Riza, sebuah prestasi jajaran Dinas PU yang membanggakan. Terutama dengan raihan juara pertama nasional di bidang penilaian kinerja pembangunan daerah bidang PU (PKPD-PU), dari era Muswendri sampai ke era Marta Minanda sekarang ini.

Kemudian, pembangunan pasar dan islamic centre di Kelurahan Padang Kaduduk, Payakumbuh Utara, juga akan dimulai dalam 2016 ini. Sedangkan stadion olahraga, masih terbentur pengadaan tanah. "Jika ada warga yang bersedia menyediakan tanah lebih kurang 5 hektar, pemko akan membelinya dan segera membuat perencanaan stadion ini," tambahnya.

Menurut Riza, dalam tiga tahun terakhir, masyarakat dapat menilai, sudah cukup banyak yang dikerjakan pemko dalam mengubah wajah kota ini, untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, pembangunan infrastruktur di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina).

Lalu, Betonisasi dan aspal hotmix jalan-jalan lingkungan, drainase, bedah rumah warga miskin, dan normalisasi Sungau Batang Pulau. Tidak kurang, Rp30 miliar dana mengucur ke Latina pada 2015, dan akan terus berlanjut dalam tahun ini.

Baca juga: Pelatihan Berusaha bagi WRSE Angkatan VIII, Supardi: UMKM Harus Percaya Diri dan Terus Berinovasi

Dia juga membeberkan, pembangunan infrastruktur di kecamatan lainnya, seperti pelebaran Jalan Sudirman, pelebaran jalan di daerah Padang Tangah Payobadar sampai ke Padang Alai, betonisasi jalan di Aur Kuniang Ampangan, MCK plus di semua kecamatan, stadion olahraga mini, serta bedah rumah warga miskin dan lansia. Selain betonisasi jalan pada kelurahan disemua kecamatan dan kantor pemerintahan kelurahan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: