Inilah Hasil Test Berkala 6 Sirine Tsunami di Sumbar per Februari

Jumat, 26 Februari 2016, 10:28 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
Inilah Hasil Test Berkala 6 Sirine Tsunami di Sumbar per Februari
Pusdalops BPBD Sumbar melakukan test aktivasi sirine sirine tsunami milik BMKG, Jumat (26/2/2016), sekitar pukul 10.00 WIB. Hasilnya termonitor melalui layar komputer Ina-TEWS (Indonesia tsunami early warning system) yang dikelola BMKG Padangpanjang. (ist

VALORAnews - Pusdalops BPBD Sumbar, Jumat (26/2/2016), sekitar 10.00 WIB menguji coba aktivasi sirine tsunami milik BMKG yang tersebar di enam titik di wilayah pesisir Sumbar. Hasilnya, hanya sirine di Sasak, Pasaman Barat yang tidak berbunyi.

"Ini agenda rutin setiap tanggal 26 per bulannya pada pukul 10.00 WIB," ungkap Kepala Pusdalops BPBD Sumbar, Pagar Negara, beberapa saat lalu.

Dikatakan Pagar, test aktivasi sirine ini, sekaligus dimaksudkan untuk checking (pemeriksaan berkala-red) alat (sirine-red). Sehingga, jika diketahui ada yang bermasalah, maka bisa dilakukan perawatan.

"Test ini juga dimaksudkan sebagai sosialisasi ke masyarakat, jika ada mendengar bunyi-bunyian seperti sirene itu disaat terjadi gempa, maka hal itu merupakan tanda-tanda peringatan untuk bersiap siaga melakukan evakuasi," tegas Pagar.

Baca juga: 6 Sirine Tsunami Berfungsi dengan Baik

Berikut hasil test aktivasi sirine tsunami BMKG oleh Pusdalops BPBD Sumbar:

1. Sirine di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan berbunyi

2. Sirine di Rimbo Kaluang, Kota Padang berbunyi

3. Sirine di Korong Campogo, Kabupaten Padangpariaman berbunyi

4. Sirine di Alai Gelombang, Kota Pariaman berbunyi

5. Sirine di Tiku, Kabupaten Agam berbunyi

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: