Lumuik Sungai Dareh Mulai Langka

Rabu, 24 Februari 2016, 07:38 WIB | Olahraga | Kab. Dharmasraya
Lumuik Sungai Dareh Mulai Langka
Bongkahan dan hasil jadi batu akik Lumuik Sungai Dareh (sumber foto: kadaionlen.blogspot.com)

VALORAnews---Batu akik lumuik sungai dareh ternyata tidak sesuram bisnis perbatuan di tanah air. Lumuik sungai dareh ternyata memiliki karekteristik yang mampu bertahan dari galaunya pasar batu akik Indonesia.

"Masih banyak peminat batu akik Sungai Dareh, hebatnya peminat bukan pecinta batu pemula tapi diminati kolektor kelas regional bahkan dunia," ujar pedagang batu akik Padang, Faisal, Sabtu (20/2/2016) di kawasan Pondok.

Menurut Faisal masih diminati batu akik Lumuik Sungai Dareh tidak terlepas dari nilai keunikan dan karakteristiknya. "Lihat saja di tengah kelesuan transaksi batu akik, termasuk anjloknya harga batu Bacan, lumuik Sungai Dareh masih dicari dan dihargai dengan harga cukup tinggi," ujarnya.

Satu kelebihan Lumuik Sungai Dareh, batu asli dari tanah Sumbar ini tidak bisa dioplos. "Dia asli terjadi secara alami, kalau batu akik jenis lain sudah banyak bahan tiruannya lewat pembakaran sshingga mengkilap atau tembus secara buatan. Sungai Dareh tidak bisa, ada yang mirip tapi itu sumbernya dari batu daerah lain atau negara lain," jelas Faisal membeberkan.

Baca juga: Pendaftaran Kontes Lumuik Sungai Dareh Bisa Lewat Transfer Bank

Pedagang batu akik ini mengakui kalau bahan Sungai Dareh super seperti yang berbintik disebut totol maupun yang jernih disebut pucuk sudah mulai langka.

"Kelangkaan bahan bisa terjadi strategi bagi penambangnya, tapi kenyataan di kalangan penjual memang sulit dijumpai," ujarnya.

Sehingga itu melihat gelagat pasar saat ini Faisal maupun pebisnis batu akik lain tetap optimis kalau batu akik Sungai Dareh masih fenomenal di kalangan pecinta batu akik.

"Tetap optimis dong, apalagi peminat batu akik Lumuik Sungai Dareh ini sudah sampai ke kelas kolektor batu dunia," ujarnya.

Para pecinta dan pebisnis akik Lumuik Sungai Dareh berharap pemerintah daerah tempat sumber batu akik kembali menggelorakan batu akik jenis ini sebagai ikon dan potensi daerahnya.

"Apalagi Bupati Dharmasraya yang baru dilantik sosok muda, kami yakin pak Sutan Riska akan memberikan perhatian khusus ke Lumuik Sungai Dareh ini," harap Faisal. (ad)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: