FGD Pilgub Sumbar, Amnasmen: KPU Mengklaim, Sosialisasi KPU Telah Massif

Selasa, 23 Februari 2016, 10:27 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
FGD Pilgub Sumbar, Amnasmen: KPU Mengklaim, Sosialisasi KPU Telah Massif
Ketua KPU Sumbar, Amnasmen, membuka FGD evaluasi penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar 2015, Selasa (23/2/2015) di Padang. (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan, forum Focus Group Discussion (FGD) evaluasi penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar 2015 dijadikan ajang untuk membahas seluruh tahapan pemilihan serentak itu.

"Walau secara umum berjalan lancar dan aman, namun tentu ada sejumlah pekerjaan yang harus terus disempurnakan," ungkap Amnasmen, saat membuka FGD, Selasa (23/2/2015).

Dikatakan, KPU Sumbar sengaja banyak mengundang peserta FGD dari berbagai latar belakang. Ini bertujuan untuk dapat melahirkan persepsi yang lebih baik tentang pelaksanaan pemilihan serentak.

Selain itu, Amnasmen menegaskan, angka partisipasi yang rata-rata sebesar 59 persen pada pemilihan serentak 2015, disebabkan oleh penyelenggara atau faktor lain.

Baca juga: Pilkada se-Sumbar 2024, Semua Tahapan Pendaftaran Calon melalui Silon, Ini Tahapannya

"Secara sepihak, KPU dapat mengklaim, bahwa sosialisasi telah dilakukan secara massif. Namun, partisipasi masih rendah. Terutama di perkotaan yang notabene akses informasinya lebih baik di banding kabupaten," terang Amnasmen.

Persoalan yang masih dihadapi KPU sampai saat ini, terang Amnasmen, masih adanya gugatan dari para pihak terhadap proses tahapan pemilihan serentak.

"Ini terjadi di Limapuluh Kota dan tingkat provinsi. Harusnya, ada pembatasan yang tegas soal waktu menggugat ini. Saya mengharapkan, peserta FGD membahas aneka persoalan hukum selama tahapan pilkada ini," harapnya.

Selain itu. Amnasmen merasa, pengadaan alat peraga kampanye pemilihan serentak, juga sangat melelahkan bagi KPU yang pada akhirnya membuat komisioner di sejumlah daerah, berurusan dengan DPRD setempat. (kyo)

Baca juga: Besok, 17 Kabupaten Kota di Sumbar Harus Tetapkan Hasil Pemilu 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: