Peci Sjarbaini, Pecinya Soekarno hingga Pejabat Masa Kini

Senin, 22 Februari 2016, 21:15 WIB | Olahraga | Nasional
Peci Sjarbaini, Pecinya Soekarno hingga Pejabat Masa Kini
Ini lah salah satu produk peci H Sjarbaini yang masih dibuat secara hand made. Peci ini diminati para pejabat sejak zaman Sukarno jadi pemimpin Republik Indonesia hingga sekarang. (hatta rizal/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Dari mertuanya pula, Gusmanelly mendapat cerita, jika Sjarbaini hapal dengan ukuran kepala Presiden Soekarno. "Bung Karno memesan yang ukuran nomor 9," tambahnya.

Sayang, ketenaran peci ini membuat segelintir pihak memanfaatkan nama peci nasional ini. "Sudah banyak yang menjiplak hasil karya ini, tapi yang asli tentu bisa dibedakan dengan yang palsu," katanya mengingatkan.

Saat ini, aku Gusmanelly, peci ini bersifat musiman. Jika datang musim lebaran, ia akan kebanjiran order. Dekade 80-an, peci ini nyaris selalu dipakai dalam setiap acara. Baik itu acara keagaaman maupun adat.

Baca juga: Berlaku Selama Masa Darurat Bencana Wabah Covid19: Operasional Terminal 1 & 2 Soetta Dibatasi per 1 April, Ini Teknisnya

Salah seorang warga Agam, Yasri (62) menyebutkan, peci S Sjarbaini ini terbuat dari beludru dan jahitannya amat pas di kepala sehingga bikin nyaman.

"Peci ini seakan jadi barang wajib dipakai saat acara penting. Terlebih lagi, beludru dan jahitannya amat pas di kepala," kata Yasri.

Meski harganya mahal, Yasri tak mempersoalkan karena kualitas peci ini jauh lebih unggul dari yang lain.

"Peci-peci lain, harganya ada yang Rp75 ribu. Tapi, yang ini lain, pejabat negara sering memakai," tutupnya.

Untuk menjaga kualitas produk, hingga sekarang peci ini masih diproduksi dengan tangan, sehingga nilai orisinalitasnya tetap lestari kendati H. Sjarbaini yang belajar ilmu membuat peci ini di Singapura, sudah tiada. (cr6)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: