Luak Limopuluah Dilanda Banjir, PKS Cepat Tanggap

Selasa, 09 Februari 2016, 22:17 WIB | News | Kota Payakumbuh
Luak Limopuluah Dilanda Banjir, PKS Cepat Tanggap
Tiga orang kader perempuan PKS Payakumbuh, Senin (8/2/2016), turun ke pasar Payakumbuh, menggalang dana untuk berbagi kepedulian dengan saudaranya yang kena musibah akibat diterjang banjir. Terkumpul sebanyak Rp1,5 juta dari pedagang pasar yang kemudian s

VALORAnews - Kader PKS tidak tinggal diam, menyikapi musibah yang melanda Luak Limopuluah. Sebagai Partai Dakwah yang tidak hanya njadi partai politik sekali lima tahun, PKS Kota Payakumbuh menunjukkan kepeduliannya.

Bidang Kesejahteraan Sosial PKS Payakumbuh berkoordinasi dengan PKS Kabupaten Limapuluh Kota, berinisiatif menggalang dana. Dalam waktu singkat, dana terkumpul lebih kurang Rp12 juta. Sumbangan berasal dari Aleg Provinsi Sumbar, Ust Irsyad Syafar, Pembina Yayasan Insan Cendekia, Ust Ahmad Maududi dan kader lainnya.

"Dalam beberapa hari ini, PKS Payakumbuh menggalang dana untuk korban banjir. Insya Allah, besok kita tetap bergerak untuk menyalurkan bantuan. Mari kita bantu saudara kita dengan menyalurkan bantuan ke rekening BSM 7094999035 a.n Ahlul Badrito Resha," ujar Bendahara PKS Payakumbuh, Ahlul Badrito Resha, dalam siaran pers yang diterima beberapa saat lalu.

Para kader perempuan PKS, juga tidak mau kalah dalam beramal. Mereka juga turun ke pasar Payakumbuh, untuk menggalang dana. Para pedagang memberikan sumbangannya sebagai bentuk kepedulian terhadap saudaranya yang kena musibah.

Baca juga: BPK RI Serahkan Bantuan Rp250 Juta untuk Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Setelah seharian keliling Pasar Payakumbuh, alhamdulillah terkumpul dana lebih kurang Rp1,5 juta. Dana yang terkumpul diserahkan ke bendahara untuk dibelikan sembako dan kebutuhan lain yang diperlukan oleh korban banjir.

Setelah dana terkumpul dan sebagian dibelikan ke sembako, Ba'da Zuhur gabungan relawan PKS Payakumbuh dan Limapuluh Kota, langsung bertolak membawa bantuan ke Pangkalan. Sampai di Pangkalan, bantuan disalurkan melalui posko banjir PKS yang dikoordinir DPC PKS Pangkalan untuk dibagikan kepada masyarakat korban banjir yang membutuhkan.

"Selanjutnya bantuan dibawa ke Taram. Bantuan berupa beras dan uang tunai diserahkan kepada posko BPBD di Taram untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan. Para relawan PKS kemudian bersinergi dengan Relawan BPBD untuk menyalurkan bantuan tersebut," ungkap Ahlul Badrito Resha.

Banjir ini akibat hujan yang terus menerus selama dua hari, Minggu dan Senin (7-8/2/2016). Hal ini kemudian membuat kawasan Luak Limopuluah dilanda banjir. Di Kota Payakumbuh, banjir terjadi di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara. Air Batang Sinamar meluap dan naik ke sebagian rumah penduduk.

Baca juga: Agam Siapkan Lahan Seluas 1,4 Ha di Jorong Suraboyo untuk Relokasi Korban Banjir Lahar Dingin

Banjir lebih parah terjadi di Kab Limapuluh Kota. Banjir menerjang kawasan Pangkalan. Ratusan warga mengungsi dan ratusan bangunan terendam banjir. Banjir juga nyaris menenggelamkan kantor Mapolsek Pangkalan. Bahkan akses jalan Sumbar-Riau sempat terputus.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: