67 Persen Lulusan BLK Terserap Dunia Kerja

Senin, 27 April 2015, 21:43 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
67 Persen Lulusan BLK Terserap Dunia Kerja
Sejumlah pemuda Kabupaten Solok, dibekali teknik memperbaiki mesin sepeda motor di UPTD BLK Solok di Jl Raya Lubuk Selasaih, Solok. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disnakertrans) Sumbar, Sofyan mengklaim, BLK yang ada di Sumbar saat ini telah mampu menyerap 11.000 pencari kerja setiap tahunnya.

"Dari 11.000 yang dilatih di BLK, sebanyak 67 persen di antaranya langsung diserap dunia kerja. Sisanya, bekerja mandiri dengan membuka usaha seusai dengan kompetensinya," ungkap Syofyan disela-sela kunjungan kerja Komisi IX DPR RI ke Padang dan sejumlah daerah lainnya di Sumbar, Senin (27/4/2015).

Di BLK yang dikelola Pemprov Sumbar, terangnya, diajarkan softkill pada pencari kerja. Apakah berupa perbengkelan, elektronik dan juga bekerja di pabrik. "Kita berharap setelah keluar dari BLK mereka akan langsung terpakai," terangnya. (Baca juga: Komisi IX DPR Selidik Kondisi BLK di Sumbar)

Sofyan tidak memungkiri, saat ini BLK yang ada membutuhkan revitalisasi. Ini dibutuhkan seiring dengan perkembangan dunia kerja dan kebutuhan dunia usaha.

Baca juga: Urang Minang Baralek Gadang II Meriah, Ismunandi Sofyan: Ruang untuk Masyarakat Berkumpul dan Merayakan Tradisi

"Sebagaian peralatan yang kita miliki di BLK memang terbilang kuno, sehingga butuh revitalisasi," ujarnya. (Baca juga: Gubernur: BLK Butuh Direvitalisasi)

Untuk revitalisasi pada 2014 lalu, Disnakertrans telah menganggarkan dalam Anggaran APBD dan APBN dengan total Rp14 miliar. Sedangkan di 2015 ini, anggaran untuk BLK hanya Rp6,2 miliar.

Di Sumbar terdapat sembilan BLK yang dirinci, 1 milik pemerintah pusat, sedangkan 6 lainnya dikelola kabupaten/kota. Selain 9 BLK milik pemerintah, di Sumbar juga terdapat 320 Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS).

"Kita juga berharap kepada kabupaten/kota untuk merevitalisasi alat-alat praktek BLK yang sudah kuno tersebut," tutupnya. (klg)

Baca juga: Gubernur Buka Festival Urang Minang Baralek Gadang II, Ini Pesannya

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: