Cadangan Pangan hanya Cukup untuk Dua Pekan Jika Terjadi Krisis Global, Ini Penjelasan Audy Joinaldy di Unja

Kamis, 17 Oktober 2024, 08:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Cadangan Pangan hanya Cukup untuk Dua Pekan Jika Terjadi Krisis Global, Ini Penjelasan...
Plt Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy jadi keynote speaker pada Seminar Nasional VI Fakultas Peternakan Universitas Jambi (Unja) di Jambi, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Salah satu penyebabnya adalah produksi pangan dalam negeri yang rendah.

"Jika terjadi krisis global, cadangan pangan Indonesia saat ini, mungkin hanya bisa bertahan dua minggu. Kondisi ini berbeda dengan negara seperti China yang bisa bertahan hingga enam bulan," kata Audy.

Untuk itu, Audy menekankan pentingnya peningkatan produksi pangan lokal melalui kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan pelaku usaha.

Baca juga: Komisi II DPRD Sumbar Bahas Pelaksanaan Agenda Triwulan III dan IV Bersama Mitra Kerja

Sementara itu, Rektor Universitas Jambi, Helmi menjelaskan, tema seminar ini sejalan dengan program strategis yang tengah digagas oleh pemerintah pusat untuk periode 2024-2029, mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Selaku akademisi, terang dia, Universitas Jambi siap bersinergi dengan pemerintah untuk menyukseskan niat baik tersebut.

"Partisipasi perguruan tinggi, terutama Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi, sangat penting dalam menyukseskan program ini. Kami akan siap untuk bersinergi dengan pemerintah," katanya.

Selain Audy, seminar ini juga menghadirkan narasumber, Herpandi dari Universitas Sriwijaya, Bayu Rosadi dari Universitas Jambi dan Meilina Waty Aritonang dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Provinsi Jambi. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024