Sumbar Diancam Deflasi, Albert: Visi Ekonomi Calon Kepala Daerah Tak Jelas, Kemampuan Keuangan Rendah Pula

Rabu, 09 Oktober 2024, 22:01 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
Sumbar Diancam Deflasi, Albert: Visi Ekonomi Calon Kepala Daerah Tak Jelas, Kemampuan...
Ketua Fraksi PDIP-PKB DPRD Sumbar, Albert Hendra Lukman saat diwawancarai wartawan usai rapat paripurna, Rabu siang. (mangindo kayo)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (17/9/2024) - Visi, misi dan program sektor ekonomi para calon kepala daerah se-Sumbar pada Pilkada serentak 2024, masih belum kongkrit mengatasi persoalan ekonomi.

"Dalam 5 bulan terakhir secara berturut-turut, Indonesia mengalami deflasi. Pertumbuhan ekonomi Sumbar juga dibawah angka nasional. Ini akan membebani kita dalam jangka panjang," terang Ketua Fraksi PDIP-PKB DPRD Sumbar, Albert Hendra Lukman.

Hal itu dikatakan Albert, usai pengucapan sumpah/janji Muhidi (PKS), Evi Yandri (Partai Gerindra), Nanda Satria (Partai Nasdem) dan M Iqra Chissa Putra (Partai Golkar) sebagai pimpinan defenitif DPRD Sumbar periode 2024-2029 pada rapat paripurna DPRD Sumbar, Rabu siang.

Tak jelasnya visi ekonomi, terang Albert, juga makin diperparah dengan terbatasnya kemampuan keuangan daerah.

Baca juga: PDIP dan PPP jadi Satu Fraksi di DPRD Padang 2024-2029, Ini Kata Albert Hendra Lukman

"Program calon kepala daerah itu memang tampak hebat-hebat. Tapi, uangnya dari mana untuk membiayainya nanti. Sementara, sumber utama PAD kita, hanya pajak kendaraan bermotor dan PBB," terang Albert.

"Mengandalkan dana pemerintah pusat, kondisi keuangan negara kita juga sedang tidak baik-baik saja," tambahnya.

Karenanya, Albert menilai, investasi dari sektor swasta nasional maupun asing, pilihan yang harus diambil dalam mengatasi persoalan ekonomi ini.

"Investasi adalah salah satu solusi ampuh untuk mengatasi dampak deflasi yang telah dialami negara kita sejak 5 bulan terakhir," ungkap Albert

Baca juga: Deflasi April 2024 di Sumatera Barat Dipicu Turunnya Harga Komoditas Pangan

Sebagai sebuah solusi, Albert berharap, seluruh elemen masyarakat Sumbar tidak menaruh curiga secara berlebihan terhadap setiap investasi yang masuk.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024