Bawaslu Sumbar Gendeng FISIP Unand Luncurkan Pusat Pendidikan dan Pengawasan Pemilu Partisipatif

Sabtu, 28 September 2024, 11:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Bawaslu Sumbar Gendeng FISIP Unand Luncurkan Pusat Pendidikan dan Pengawasan Pemilu...
Ketua Program Studi Ilmu Politik Fisip Unand, Dewi Anggraini disaksikan Muhammad Khadafi (anggota Bawaslu Sumbar) serta komisioner Bawaslu Padang pada peluncuran Kampus Pengawasan Partisipatif dan Pusat Pendidikan dan Pengawasan Pemilu Partisipatif, Jumat
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Harus kita akui, pemilu serentak itu pionirnya Provinsi Sumbar, baru diikuti provinsi lain di Indonesia. Karena itu, mari kita bersama menghadirkan kebaikan pada masyarakat," ujar Khadafi.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Kota Padang, Eris Nanda mengatakan, pilar demokrasi itu hanya ada 2, partai politik dan pemilu.

Karena itu, sebagai wujud tridarma perguruan tinggi, FISIP Unand secara kelembagaan juga mempunyai tanggung jawab moral dalam mensukseskan pesta pilkada atau pemilu.

Baca juga: Mahasiswa S2 Ilmu Politik Unand Bedah Dapur Partai Golkar Sumbar

"Kita berharap ke depan, teman-teman mahasiswa bersama Bawaslu ikut terlibat dalam melakukan pengawasan pelaksanaan pemilihan," terang dia.

"Khususnya terhadap potensi dugaan pelanggaran yang dilakukan pasangan calon dan timnya," ungkap Eris.

Sebagai agen perubahan, lanjut Eris, mahasiswa diharapkan ikut terlihat dalam mengawal proses pilkada sehingga menghasilkan pemimpin yang berkualitas sesuai harapan.

"Mari kita kawal dan kita jaga netralitas ASN dalam pilkada ini, meski terkadang mungkin dosen kita sendiri."

"Namun ini juga bagian dari tanggungjawab kita bersama, bagaimana agar pilkada dapat berlangsung jujur, adil dan berintegritas untuk perubahan yang lebih baik," pesan Eris.

Ketua HIMA Jurusan Ilmu Politik FISIP Unand, Daffa Fachri menyampaikan terima kasih pada Bawaslu Sumbar, yang telah menjadikan FISIP Unand sebagai lokasi Deklarasi Kampus Pengawasan Partisipatif.

"Mahasiawa sebagai agen intelektual, maka perlu bersama-sama dalam melakukan pengawasan partisipatif. Bawaslu melihat potensi itu dengan menggelar deklarasi di Fisip Unand yang melibatkan kami para mahasiswa," ujarnya. (*)

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024