KPU Sumbar Tetapkan Irwan Prayitno - Nasrul Abit jadi Calon Terpilih

Sabtu, 23 Januari 2016, 22:06 WIB | Wisata | Provinsi Sumatera Barat
KPU Sumbar Tetapkan Irwan Prayitno - Nasrul Abit jadi Calon Terpilih
Gubernur Sumbar terpilih, Irwan Prayitno menandatangani berita acara penetapan sebagai calon terpilih disaksikan wakilnya, Nasrul Abit dan Mufti Syarfie (Kordiv Teknis KPU Sumbar). Di meja rapat pleno, empat komisioner lainnya ikut menyaksikan penandatang

VALORAnews - Pasangan calon Irwan Prayitno-Nasrul Abit (IP-NA), ditetapkan KPU Sumbar sebagai calon terpilih pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar pada pemilihan serentak 2015, Sabtu (23/1/2016) di Padang. Pleno terbuka ini, diwarnai aksi penyerahan secarik kertas oleh seorang tim pemenangan pasangan calon Muslim Kasim-Fauzi Bahar, Mashar Putra ke meja pimpinan rapat pleno.

Kepada wartawan, Mashar Putra menyebut, penetapan calon terpilih ini tidak bisa dilangsungkan, karena ada persoalan hukum yang harus diselesaikan lebih dulu. Seperti, perintah Mahkamah Konstitusi (MK) dalam pertimbangannya saat memutuskan perkara perselisihan hasil penghitungan (PHP) Pilgub Sumbar, Jumat (22/1/2016) lalu yang meminta instansi terkait harus menganggap penting penyelesaian dugaan pelanggaran yang terjadi selama proses pilkada.

"Salah satunya soal dugaan ijazah palsu calon wakil gubernur terpilih Nasrul Abit," kata Mazhar. (Baca: Gugatan Pilgub Sumbar di PT TUN, Mufti: Majelis Terima Eksepsi KPU Seluruhnya)

Terkait sikap tim pemenangan pasangan calon nomor urut 1 ini, Ketua KPU Sumbar, Amnasmen tak terlalu mengacuhkannya. "Tidak masalah. Itu merupakan hal biasa dalam rapat penetapan paslon terpilih ini," terang Amnasmen.

Baca juga: Pilkada Serentak 2024, Hanya 3 Bapaslon Perseorangan Serahkan Dukungan se-Sumbar, Bukittinggi dan Limapuluh Kota

Pleno ini dihadiri lengkap kelima komisioner KPU Sumbar beserta jajaran sekretariat. Komisioner KPU di tingkat kabupaten/kota beserta sekretaris, juga hadir dalam acara yang juga dihadiri Pj Gubernur Reydonnyzar Moenek serta unsur Forkompimda lainnya itu.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyampaian berita acara penetapan calon terpilih kepada kedua paslon. Namun sayang, pasangan MK-FB tidak hadir, timnya juga langsung keluar, tidak ikut mengambil berita acara tersebut. Sementara, puluhan warga pendukung MK-FB berhenti berorasi di depan hotel begitu pleno selesai digelar KPU Sumbar.

Pada 19 Desember 2015, KPU Sumbar telah menetapkan pasangan yang diajukan PKS dan Gerindra, Irwan Prayitno dan Nasrul Abit sebagai peraih suara terbanyak. Irwan Prayitno-Nasrul Abit memperoleh 1.175.858 suara atau 58,62 persen. Sedangkan Muslim Kasim-Fauzi Bahar memperoleh 830.131 suara atau 41,38 persen. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: