65 Anggota DPRD Sumbar 2024-2029 Gelar Silaturahmi usai Dilantik, Persiapkan Pembentukan Fraksi dan AKD

Minggu, 01 September 2024, 23:06 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
65 Anggota DPRD Sumbar 2024-2029 Gelar Silaturahmi usai Dilantik, Persiapkan Pembentukan...
Suasana rapat silaturahmi yang digelar anggota DPRD Sumbar periode 2024-2029 di ruang sidang utama, Kamis. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PADANG (29/8/2024) -- Ketua Sementara DPRD Sumatera Barat (Sumbar) periode 2024-2029, Irsyad Safar pimpin kegiatan silaturahmi di antara 65 anggota dewan provinsi itu serta jajaran sekretariat, Kamis.

"Rapat perdana anggota DPRD Sumbar periode 2024-2029 ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi karena sudah berada dalam satu lembaga, merupakan langkah awal untuk pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD)," ungkap Irsyad Safar.

Dalam pertemuan itu, Irsyad Syafar tampak didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Sumbar, Evi Yandri.

Rapat yang digelar di ruang sidang utama usai pelantikan sehari sebelumnya itu, diisi dengan kegiatan saling mengenalkan diri sekaligus mengutarakan harapan masyarakat dari daerah pemilihan (Dapil) masing-masing.

Baca juga: Ketua Sementara DPRD Sumbar Hadiri Jamuan Makan Malam untuk Kajati Sumbar di Istana Gubernuran

Secara keseluruhan, pemenuhan infrastruktur layak dan program peningkatan perekonomian masyarakat, menjadi sasaran kerja jangka pendek.

Adapun AKD yang harus terbentuk dalam beberapa waktu kedepan adalah, pimpinan dewan, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran, Badan Legislasi Daerah (Balegda), Komisi-Komisi dan Badan Kehormatan (BK).

"Tak kalah pentingnya, sebelum pembentukan AKD ini, perlu dibentuk Fraksi-Fraksi sebagai perpanjangan tangan partai di parlemen," ungkap Irsyad.

Komposisi DPRD Sumbar periode 2024-2029 terdiri dari PKS dan Partai Gerindra dengan perolehan masing-masing 10 kursi. Kemudian, Partai Golkar dan Partai Nasdem juga sama-sama meraih 9 kursi.

Baca juga: Supardi Beberkan Kinerja Bidang Legislasi, Anggaran dan Pengawasan pada Pelantikan DPRD Sumbar Periode 2024-2029

Kemudian, PAN dan Partai Demokrat, juga merebut kursi sama banyak yakni 8 kursi parlemen. Kemudian, PPP meraih 5 kursi, serta PDIP dan PKB masing-masing meraih 3 kursi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: