DINKES PESSEL Gelar Sosialisasi Aplikasi Satu Sehat SDMK

Sabtu, 24 Agustus 2024, 09:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
DINKES PESSEL Gelar Sosialisasi Aplikasi Satu Sehat SDMK
Dinas Kesehatan Pessel, menggelar Sosialisasi Aplikasi Satu Sehat SDMK, di Aula Puskesmas Tapan, Senin (12/8/2024). FOTO: Dok Diskominfo Pessel
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (24/8/2024) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi Satu Sehat Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK), di Aula Puskesmas Tapan.

Dalam relis Diskominfo Pessel, Sabtu (24/8/2024), aplikasi Satu Sehat adalah ekosistem pertukaran data kesehatan (HIE: Health Information Exchange), yang menghubungkan sistem informasi, atau aplikasi dari seluruh anggota ekosistem digital kesehatan Indonesia, termasuk fasyankes, regulator, penjamin, dan penyedia layanan digital.

Tujuannya, agar pasien bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan. Karena, resume rekam medis di rumah sakit dicatat dan direkam secara digital, dengan aman melalui persetujuan (consent) pemilik data.

Sosialisasi tadi, dibuka Kepala Tata Usaha UPT Puskesmas Tapan, Suharti, dan dihadiri seluruh staf Puskesmas Tapan.

Baca juga: RUSMA YUL ANWAR: Pembangunan Pengembangan Puskesmas Lumpo untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Kegiatan sosialisasi berlangsung selama satu, dipimpin Aswiliarti selaku Kasi SDMK, beserta Tim SDMK Dinas Kesehatan Pessel.

Aswiliarti, menjelaskan, materi yang disampaikan pada sosialisasi adalah tentang seluruh tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Tapan, wajib memiliki akun satu sehat SDMK.

"Gunanya, sebagai sarana akses dan kontrol Pengguna, terhadap Data Pribadi Pengguna, yang dilakukan pemrosesan oleh Platform tadi," ujarnya.

Maka, terangnya, dalam gelaran tersebut, akan dibahas apa itu Aplikasi Platform Sehat Kemenkes, serta persyaratan apa yang dibutuhkan saat membuat baru, dan memperpanjang SIP di tempat kerja staf tersebut, maupun tempat Praktek Nakes Mandiri tersebut.

Baca juga: DINKES PESSEL Pantau Kesehatan Para Pelajar ke Sekolah

"Untuk itu, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan kepada seluruh staf UPT Puskesmas Tapan, dapat mengetahui dan menggunakan Aplikasi Satu Sehat SDMK tersebut," ujar Aswiliarti. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: