45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Masa Sidang II Tahun 2024, Ini Fokus Pembahasan

Minggu, 21 Juli 2024, 23:02 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
45 Anggota DPRD Padang Ikuti Bimtek di Masa Sidang II Tahun 2024, Ini Fokus Pembahasan
Ketua DPRD Padang, Syafrial Kania memasangkan tanda peserta Bimtek pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Padang di Pekanbaru, tanggal 18-20 Juli 2024. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Dr Candra menjelaskan berbagai regulasi terbaru, yang berdampak pada kinerja DPRD dan bagaimana anggota DPRD harus selalu siap menghadapi perubahan tersebut.

Memasuki hari kedua, kegiatan difokuskan pada diskusi interaktif dan studi kasus. Narasumber utama hari itu, Hengki Naldo.

Dia mengajak peserta, untuk menganalisis berbagai kasus nyata yang dihadapi DPRD dalam perencanaan dan evaluasi pembangunan.

Baca juga: 40 Anggota DPRD Padang Pariaman Ikuti Orientasi Tugas, Gubernur Ingatkan Pentingnya Keselarasan RPJMD dengan RPJMN

"Pendekatan andragogi yang kita terapkan disini, memungkinkan semua peserta untuk berbagi pengalaman dan belajar dari satu sama lain," jelas Hengki.

Hari ketiga diisi dengan workshop dan simulasi. Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok kecil untuk melakukan simulasi perencanaan dan evaluasi kinerja pembangunan. Setiap kelompok diberikan sebuah kasus untuk dianalisis dan dipecahkan.

Simulasi ini akan membantu peserta Bimtek memahami kompleksitas dan tantangan yang sebenarnya di lapangan.

Dalam hari ketiga, Dr Candra kembali memberikan penguatan materi dan memberikan masukan atas hasil simulasi yang dilakukan oleh peserta.

"Kita belajar tidak hanya dari teori, tetapi juga dari praktik langsung. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi kita," tegasnya.

Pada hari terakhir, kegiatan difokuskan pada evaluasi dan penyusunan rekomendasi. Para peserta diminta untuk menyusun rekomendasi berdasarkan hasil pembelajaran selama Bimtek.

"Rekomendasi ini akan menjadi panduan kita dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat," ungkap Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani dalam sambutannya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: