Mahyeldi Temui Deputi RR BNPB, Bicarakan Pendanaan Perbaikan Kerusakan Bencana

Sabtu, 20 Juli 2024, 13:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Temui Deputi RR BNPB, Bicarakan Pendanaan Perbaikan Kerusakan Bencana
Gubernur Sumbar, Mahyeldi serahkan laporan dampak bencana di Sumatera Barat pada Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Deputi RR) BNPB, Jarwansyah di Jakarta, Jumat. (humas)

JAKARTA (19/7/2024) - Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan sejumlah staf, temui Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Deputi RR) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jarwansyah.

Mahyeldi mengungkapkan, selama pertemuan berlangsung, pembicaraan fokus mengulik tentang dua hal.

Pertama, terkait percepatan penanganan dampak bencana di Sumbar, kemudian yang kedua tentang peluang pendanaan untuk upaya penanganan itu sendiri.

"Alhamdulillah, tadi kita bertemu Pak Deputi RR BNPB dan bahas beberapa hal, di antaranya, seputar percepatan penanganan dampak bencana banjir bandang dan lonsor baik yang di Pessel maupun yang di Agam, Padang Panjang dan Tanah Datar," ungkap Mahyeldi usai pertemuan di Kantor BNPB, Jakarta.

Kemudian, ungkap Mahyeldi, juga membicarakan peluang-peluang pendanaan perbaikan kerusakan akibat bencana itu.

Terkait dengan peluang pendanaan, sambung Mahyeldi, secara umum itu akan diusulkan melalui APBN. Sebagai penguatan, usulan itu nantinya juga akan disertai dengan rekomendasi dari BNPB.

"Dukungan BNPB itu dikatakan Deputi RR, akan diberikan dalam dua bentuk, pertama dengan pemanfaatan Dana Siap Pakai (DSP) dan yang kedua dalam bentuk surat rekomendasi ke kementerian terkait," jelas Mahyeldi.

Mahyeldi menegaskan, agar upaya percepatan ini bisa segera membuahkan hasil, dalam waktu dekat dirinya akan menugaskan OPD terkait untuk berkoordinasi dengan jajaran teknis di BNPB.

Menurutnya, ini penting dan mesti terkawal, sebab urusan ini berkaitan erat dengan sektor strategis daerah.

"Solusi terkait hal ini harus cepat karena semuanya vital, ada pemukiman masyarakat, ada irigasi dan ada kebutuhan pangan. Jangan sampai memicu krisis, itu yang kita antisipasi," tegasnya.

Tampak turut mendampingi Mahyeldi pada pertemuan tersebut, antara lain, Plt Kepala Dinas PSDABK, Liwanto; Kalaksa BPBD, Rudy Rinaldi.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: