Peringatan Perang Manggopoh ke-116; Menguatkan Persatuan untuk Membangun Agam

Rabu, 19 Juni 2024, 16:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Peringatan Perang Manggopoh ke-116; Menguatkan Persatuan untuk Membangun Agam
Marching band dari praja IPDN Baso, tampil pada upacara Peringatan Perang Manggopoh ke-116, di GOR Buya Hamka Pasar Durian, Manggopoh, Sabtu. (humas)

AGAM (16/5/2024) - Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Erinaldi jadi inspektur upacara Peringatan Perang Manggopoh ke-116, di GOR Buya Hamka Pasar Durian, Manggopoh, Sabtu.

Kegiatan ini diawali dengan apel kehormatan dan renungan suci yang dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Manggopoh, Jumat (14/6/2024) malam.

"Perang Manggopoh sendiri adalah peristiwa heroik dan patriotik yang telah dicatat dengan tinta emas dalam sejarah Republik Indonesia, menjadi simbol perjuangan dan semangat kepahlawanan masyarakat," ungkap Erinaldi.

Tahun ini, peringatan Perang Kamang dan Perang Manggopoh ke-116 mengusung tema "Kita Tingkatkan Persatuan untuk Membangun Agam yang Lebih Maju dengan Semangat Kepahlawanan."

Dalam sambutannya pascaupacara, Sekdakab Agam, Edi Busti menekankan pentingnya persatuan dan semangat kepahlawanan dalam membangun daerah.

"Dengan semangat kepahlawanan yang diwariskan dari Perang Manggopoh, kita harus bersatu dan bekerja keras untuk membangun Agam yang lebih maju dan sejahtera," terang dia.

"Persatuan adalah kunci utama dalam menghadapi tantangan dan mencapai kemajuan bersama," ujarnya.

Upacara ini juga dimeriahkan kolaborasi dengan Praja IPDN yang menampilkan marching band mengiringi lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Penampilan marching band IPDN ini menambah kesakralan upacara, mengingatkan hadirin akan jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa.

Peringatan ini menjadi momentum penting bagi masyarakat Agam untuk mengenang sejarah, memperkuat persatuan, dan menumbuhkan semangat kepahlawanan dalam upaya membangun daerah yang lebih baik di masa depan. (*)

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: