Generasi Stunting akan Bebani Negara, Ini Langkah Antisipasi Pemkab Agam

Kamis, 13 Juni 2024, 18:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Generasi Stunting akan Bebani Negara, Ini  Langkah Antisipasi Pemkab Agam
Kepala Bappeda Agam, Rahmad Lasmono mewakili bupati Agam pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penururnan Stunting (TPPS) Tahun 2024 di Aula Bappeda, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Rahmad menekankan, konvergensi lintas sektor harus benar-benar terlaksana, bukan sekadar wacana.

Komitmen, kerja keras dan keikhlasan sangat diperlukan agar program, anggaran dan kegiatan saling melengkapi, sehingga intervensi yang diberikan dapat benar-benar diterima keluarga sasaran.

Beberapa langkah yang harus dilakukan di antaranya adalah meningkatkan komitmen, koordinasi dan kolaborasi antar TPPS mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga nagari.

Baca juga: Banggar DPRD Jambi Pelajari Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem ke DPRD Sumbar

Hal ini juga termasuk menyinkronisasikan program antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan lintas sektoral.

Selanjutnya menghadirkan inovasi dalam komitmen, koordinasi, dan kolaborasi. TPPS diharapkan bertanggung jawab dalam percepatan penurunan stunting dengan tidak bekerja sendiri-sendiri.

Kemudian menyiapkan data yang akurat sesuai dengan kondisi nyata di lapangan. Program yang dilaksanakan harus berdasarkan data yang akurat agar hasilnya dapat terukur dengan baik.

Selain itu, juga melakukan aksi serentak dalam pencegahan stunting melalui pendataan, penimbangan, pengukuran, edukasi dan intervensi bagi seluruh sasaran (calon pengantin, ibu hamil, balita) secara berkelanjutan.

Tujuannya adalah penurunan jumlah balita stunting baru, dengan intervensi serentak yang menjadi awal perbaikan konvergensi bersama dan tingkat pencegahan yang lebih masif.

Dalam penutupnya, Rahmad Lasmono menekankan pentingnya peran aktif TPPS, dalam mengawal perencanaan, pelaksanaan, hingga memantau dan mengevaluasi kegiatan.

"Hanya dengan komitmen bersama dan kerja keras, kita bisa mencapai tujuan bersama dalam menurunkan angka stunting dan meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Agam," tutupnya. (*)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024