Perpanjang Sertifikat Halal, Tim LPPOM MUI Audit Ulang RPH Bukittinggi

Selasa, 11 Juni 2024, 08:28 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Perpanjang Sertifikat Halal, Tim LPPOM MUI Audit Ulang RPH Bukittinggi
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Hendry beserta jajaran, foto bersama dengan tim LPPOM MUI Sumbar, usai audit RPH, Ahad. (hamriadi)

BUKITTINGGI (9/6/2024) -Ketua MUI Bukittinggi, Aidil Alfin pimpin proses audit perpanjangan sertifikasi halal untuk UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi.

"Perpanjangan Sertifikasi Halal untuk 4 tahun kedepan ini melalui LPPOM MUI Sumatera Barat," ungkap

sebagai salah satu auditor halal yang ditunjuk Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama RI," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Bukittinggi, Hendry.

Hal itu dikatakan Hendri, usai mendampingi Tim Audit yang dipimpin Buya Aidil Alfin bersama Dr Yan Heryandi dan Robi Amizar melakukan kunjungan lapangan ke UPTD RPH Bukittinggi, Ahad.

Baca juga: Terbukti Langgar Anggaran Dasar, Majelis Hakim PN Solok Tolak Gugatan Anggota DPRD Solok dari PDI Perjuangan

Bersama Hendri, juga hadir Kabid Perikanan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Effi Silfia, Kepala UPTD RPH dan staf serta mitra RPH (toke ternak) yang akan mendampingi rangkaian kegiatan audit.

Mulai dari proses kedatangan ternak, penyembelihan hingga hasil pemotongan dalam bentuk daging yang akan diantar ke pasar naik ke alat transportsi untuk distribusi.

Audit yang dilakukan meliputi pemeriksaan semua lokasi pemotongan, pemeriksaan pra proses pemotongan, pemeriksaan proses pemotongan, pemeriksaan semua gudang penyimpanan dan alat transportasi, pemeriksaan limbah pemotongan dan pemeriksaan administrasi.

"Untuk mendapatkan perpanjangan Serifikat Halal, ada beberapa hal yang perlu disempurnakan UPTD RPH," ungkap dia. (*)

Baca juga: Bunga Bangkai Ditemukan Pemburu Babi di Hutan Nagari Garagahan

IKLAN PANTARLIH

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: