Pemilihan Langsung Ketua RW II KGB, Benny: Ini Hal Baru Bagi Bukittinggi

Minggu, 17 Januari 2016, 07:13 WIB | News | Kota Bukittinggi
Pemilihan Langsung Ketua RW II KGB, Benny: Ini Hal Baru Bagi Bukittinggi
Kordiv Sosialisasi KPU Bukittinggi, Benny Azis, memberikan hak suaranya pada pemilihan RW II, Kelurahan Gulai Bancah, Bukittinggi, Sabtu (16/1/2016). Pemilihan ketua RW ini, mengadopsi sistem pelaksanaan pemilu di Indonesia. (hatta rizal/valoranews)

VALORAnews - Demam pemilihan serentak 2015, tak sepenuhnya hilang di Kota Bukittinggi. Seperti yang dilakukan masyarakat di RW II Kelurahan Kubu Gulai Bancah (KGB), Sabtu (16/1/2016).

Masyarakat di sana,memilih ketua RW dengan sistem sama persis dengan mekanisme pemilihan kepala daerah, yang di Sumbar digelar serentak antara pemilihan gubernur dengan wako di dua kota serta bupati di 11 kabupaten.

Ketua Komisi Pemilihan, Alfiandri Kari Marajo, menyebutkan, ada lima pasang bakal calon yang bersaing untuk jadi ketua RW yang dipilih langsung oleh perwakilan 9 RT dengan total pemilih sebanyak 65 orang.

Sebelum berlangsungnya pemilihan langsung, kelima calon ini diwajibkan untuk menyampaikan visi dan misinya di hadapan masyarakat. Masing-masing diberi waktu 10 menit.

Baca juga: Tabungan Utsman 2024 Diluncurkan, Target 2200 Nasabah Tapi Ada Margin Ringannya

Agar lebih serupa dengan pemilihan serentak yang berlangsung 9 Desember kemarin, panitia meminjam kotak suara dari KPU. Selain itu, kertas suara juga berisi foto masing-masing calon. Ketentuannya pun tetap sama.

Setiap warga yang ingin menggunakan hak pilih, harus mencoblos gambar salah satu calon di bilik suara yang disediakan. Setelahnya, baru memasukkan kertas tersebut ke kotak suara. Selesai poncoblosan, diadakan pula penghitungan suara.

Komisioner Divisi Sosialisasi KPU Bukittinggi, Benny Azis, yang ikut memberikan suaranya mengatakan, pemilihan serupa ini merupakan hal baru bagi Bukittinggi.

"Pertama kali diadakan di Bukittinggi yang seperti ini,'' katanya sesaat setelah memberikan suaranya. (cr6)

Baca juga: Forum Kota Sehat Bukitttinggi Gelar Pembinaan Pokja Kelurahan Sehat

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: