Wagub Sumbar Minta SKMN 8 Sijunjung Jalin Kemitraan dengan Desa Wisata

Kamis, 23 Februari 2023, 18:04 WIB | Kabar Daerah | Kab. Sijunjung
Wagub Sumbar Minta SKMN 8 Sijunjung Jalin Kemitraan dengan Desa Wisata
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy foto bersama dengan siswa SMKN 8 di Nagari Manganti, Sumpur Kudus, Rabu. (humas)

SIJUNJUNG (23/2/2023) - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menekankan, inti dari pengembangan kepariwisataan adalah sumber daya manusia (SDM). Dengan kualitas SDM baik, nantinya akan mewujudkan services, cleanliness dan hospitality yang baik, kreativitas dan inovasi dalam pengelolaan destinasi wisata.

"Sebagai sekolah yang bertujuan mencetak SDM pariwisata, kita minta agar SMKN 8 semakin memperbanyak kerjasama dengan private sector di bidang pariwisata maupun Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)," ungkap Audy saat meninjau SMKN 8 di Nagari Manganti, Sumpur Kudus, Rabu.

SMKN 8 merupakan sekolah yang baru berdiri pada 2019 dengan dua kompetensi keahlian, yaitu perhotelan dan usaha perjalanan wisata. Untuk kegiatan belajar siswa, sekolah ini sudah memiliki Ruang Praktik Siswa (RPS) perhotelan yang diberi nama Edotel Manganti dengan dua kamar tidur VIP dan tiga kamar standar.

Di dalam Edotel terdapat lobby, front office, ruang pertemuan dengan kapasitas 100 orang, mushala, mini bar, dapur, gudang, ruang laundry dan area parkir yang luas.

Baca juga: Tebar Qurban ASN dan BUMD Sumbar, Audy: Wujud Pemerintah Hadir di Tengah Masyarakat

Audy mengatakan, infrastruktur fisik SMKN 8 yang sudah cukup bagus itu selanjutnya akan disupport oleh pemerintah provinsi dengan penempatan guru PPPK sesuai dengan kebutuhan sekolah.

"Apalagi Geopark Silokek kemarin masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Ini peluang bagi SMK 8 Sijunjung untuk bekerjasama dengan desa-desa wisata," ujar dia.

Hal serupa disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda. Ia mengatakan untuk mengejar jumlah kunjungan 8,2 juta wisatawan diperlukan saling kerjasama berbagai pihak, mulai dari pemerintah, private sector, masyarakat, media, akademisi, dan lain-lain, tak terkecuali sekolah.

"Pemerintah Provinsi juga melakukan hal yang sama, kita memperbanyak kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan pariwisata. SMK Kepariwisataan juga harus seperti itu," ujarnya.

Baca juga: Masa Tanggap Darurat Segera Berakhir, Gubernur Sumbar Tugaskan Wagub Lakukan Pendataan, Ini Targetnya

Menurut Luhur Budianda, dengan kembalinya geliat sektor wisata Sumatera Barat, ditambah adanya program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023, kebutuhan tenaga dan kerjasama di bidang kepariwisataan semakin terbuka lebar bagi SMK pariwisata. (kyo)

CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: