Jokowi Biayai Renovasi TMSBK

Selasa, 12 Januari 2016, 19:32 WIB | News | Kota Bukittinggi
Jokowi Biayai Renovasi TMSBK
Salah satu sudut TMSBK

VALORAnews-- Presiden Jokowi akan membiayai renovasi Taman Marga Satwa dan Budaya Kinanta (TMSBK) atau yang populer disebut Kebun Binatang Bukittinggi. Rencana tersebut terkait dengan akan ditunjuknya TMSBK sebagai pilot project revitalisasi lembaga konservasi.

Kabid TMSBK Ikbal mengatakan, hal itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI) beserta Southest Asian Zoo Association (Seaza) dengan Presiden Jokowi akhir September 2015 lalu.

"Tanggal 13-15 Januari mereka juga kembali meninjau untuk menentukan desain atau kandang yang bakal direnovasi setelah sebelumnya juga datang pada Desember lalu," ujarnya.

Dalam prosesnya, Ikbal mengatakan jika PKBSI dan Seaza akan meninjau serta berkeliling di dalam kebun binatang tertua di Sumatera Barat itu. Setelahnya, mereka akan membuat grand desain untuk diserahkan langsung pada Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi akan Kunjungi Korban Bencana Sumbar Selasa Besok, Ini Lokasi yang Didatangi

"Presiden akan mengarahkan pembiayaan. Desainnya ditargetkan rampung awal tahun ini sehingga revitalisasi dapat dilakukan di pertengah tahun," ujarnya.

Saat ini, dari pantauan di lapangan, memang masih banyak kondsi kandang yang tidak sesuai dengan standar. Tak hanya kandang, kondisi satwa pun beberapa ada yang terlihat tidak baik karena tak punya teman.

"Fungsi kandang maupun pasangan amat penting bagi satwa agar tidak stres," sebutnya.

Selain TMSBK, Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) yang berada di Solo juga ditunjuk sebagai pilot project revitalisasi dari lembaga konservasi. Salah seorang pengunjung asal Agam, Yanti, menyambut baik revitalisasi ini. Ia mengatakan jika sudah saatnya TMSBK ini berbenah.

Baca juga: Presiden Jokowi Silaturahmi dengan Peserta JKN-KIS Tebingtinggi

"Sekarang adalah waktunya TSMBK berbenah mumpung tengah diperhatikan Presiden," sambutnya, Selasa (12/1/2016). (cr6)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: