Mudik Lebaran, Mahyeldi: Perbaikan Jalan Nasional yang Rusak Akibat Banjir Tuntas H-7

Kamis, 28 Maret 2024, 17:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mudik Lebaran, Mahyeldi: Perbaikan Jalan Nasional yang Rusak Akibat Banjir Tuntas H-7
Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat mendampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljo saat meninjau kerusakan jalan di Pesisir Selatan. (humas)

PADANG (28/3/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menargetkan, H-7 Lebaran Idul Fitri 1445 H, pengerjaan seluruh badan jalan nasional yang rusak akibat diterjang banjir, sudah tuntas dikerjakan.

"Kita meminta Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR), memastikan dan mengawal proses perbaikan jalan nasional yang terdampak bencana. Kita minta intensifkan koordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar," ungkap Mahyeldi di Padang, Kamis.

Menyikapi arahan tersebut, Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma Munaf menyebut khusus di Kabupaten Pesisir Selatan, saat ini proses perbaikan jalan yang terban, telah mulai dikerjakan BPJN Sumbar dengan mengandeng PT Hutama Karya.

Dia menyebutkan, sebelumnya Menteri PUPR menargetkan pembersihan material banjir bandang yang menutupi akses jalan dan penguatan tebing-tebing sungai akan rampung dalam sepekan.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

Namun, karena faktor cuaca, harapan tersebut mengalami sedikit perlambatan dari target.

"Meskipun demikian. Kami bersama BPJN Sumbar optimistis, proses perbaikan bisa tuntas sebelum mudik lebaran dimulai," ucap Era Sukma Munaf.

"Artinya, harapan ini, tidak hanya untuk jalan nasional yang terban di Pesisir Selatan saja, tapi juga untuk ruas jalan lainnya di Sumbar," tukasnya.

Selain memastikan kondisi jalan aman untuk dilalui. Pemprov Sumbar bersama Polda Sumbar juga telah melakukan kesiapan guna kelancaran arus lalu lintas selama masa libur Lebaran 2024 nanti.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Di antaranya, dengan melakukan rekayasa lalu lintas untuk rute Padang - Bukittinggi yang kerap macet pada musim libur Lebaran.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: