92 Bunda Literasi Nagari Dikukuhkan, Andri Warman: Tingkt Peran Perpustakaan Nagari dan Rumah Baca

Rabu, 13 Maret 2024, 20:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
92 Bunda Literasi Nagari Dikukuhkan, Andri Warman: Tingkt Peran Perpustakaan Nagari dan...
Bupati Agam, Andri Warman melantik 92 bunda literasi se-Kabupaten Agam, di aula kantor bupati, Rabu. (humas)

AGAM (13/3/2024) - Bupati Agam, Andri Warman berharap, bunda literasi jadi mitra pemerintah dalam membangun SDM berkualitas.

Menurut Andri Warman, peningkatkan kualitas SDM tidak bisa dilepaskan dari kegemaran membaca.

"Membaca dapat diibaratkan membuka jendela dunia, dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan literasi seseorang," ungkap Andri Warman.

Hal itu disampaikan Andri Warman usai melantik 92 bunda literasi nagari se-Kabupaten Agam, Rabu. Para bunda literasi ini diharapkan jadi penggerak budaya membaca di tingkat nagari.

Baca juga: Tiga Perguruan Tinggi Antarkan Mahasiswanya Pengabdian Masyarakat di Agam, Ini Harapan Bupati

Bunda literasi yang dikukuhkan, lanjutnya, merupakan pejuang membaca di wilayah masing-masing. Sehingga, bunda literasi berperan mendorong peningkatan budaya membaca.

"Kami berharap, di setiap rumah bunda literasi ada perpustakaannya, karena bunda literasi adalah panutan atau role model gemar membaca," ucap Andri Warman.

Ia mendorong bunda literasi nagari, meningkatkan peran perpustakaan nagari dan rumah baca dalam memberdayakan masyarakat.

Sampai saat ini, kata Andri Warman, sudah ada 12 nagari yang mendapat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Baca juga: Masjid Nurul Falah Terima Barang Hibah Penyelenggaraan Jenazah, Ini Pesan Bupati

"Untuk mempercepat tumbuh kembang budaya membaca di masyarakat, bunda literasi nagari harus bersinergi dengan penggiat literasi dan stakeholder terkait di nagari," ujarnya.

Halaman:
CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: