Pemilu 2024 DPR RI Dapil 2 Sumatera Barat, PKS Pemenang, Caleg Suara Terbanyak Arisal Azis, Ungguli Para Petahana

Senin, 11 Maret 2024, 12:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pemilu 2024 DPR RI Dapil 2 Sumatera Barat, PKS Pemenang, Caleg Suara Terbanyak Arisal...
Ilustrasi.
(Data ini disajikan merujuk urutan partai peraih suara terbanyak, nama partai, total suara, caleg terpilih dan suara pribadi)

Catatan menarik di Dapil 2 Sumatera Barat ini, tergusurnya PPP dari perebutan kursi parlemen. Petahana sejak Pemilu 2009 ini, tak mampu membawa PPP meraih kursi parlemen.

Putra mantan Mensos, Bachtiar Chamsyah ini, hanya mampu membawa PPP meraih 83.453 suara pemilih. Jumlah ini telah meningkat dibanding perolehan Pemilu 2019, dengan pencapaian 78.378 suara.

Namun, perolehan suara di Pemilu 2024 ini hanya menempatkan PPP di peringkat ke-7 klasemen perolehan suara.

Baca juga: Besok, 17 Kabupaten Kota di Sumbar Harus Tetapkan Hasil Pemilu 2024

Karena alokasi kursi di Dapil 2 Sumatera Barat ini hanya 6, PPP terpaksa harus tersingkir.

Kursinya kemudian direbut pendatang baru di Dapil 2 Sumatera Barat, Partai Nasdem. Sejak Nasdem jadi partai peserta di Pemilu 2014, baru di Pemilu 2024 ini pecah telor.

Caleg peraih suara terbanyaknya, juga seorang politisi muda, yang tengah menjabat Bendahara Partai Nasdem Sumbar. Dia adalah Cindy Monica Salsabila Setiawan dengan pencapaian 97.677 suara.

Perolehan suara lulusan Cumlaude Jurusan Manajemen Internasional Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Andalas 2021 itu, mengalahkan petahana DPR RI yang juga terpilih kembali, Nevi Zuairina dari PKS (68.564) maupun Ade Rizki Pratama dari Partai Gerindra, 68.418 suara.

Perolehan suara Cindy yang masih berusia 23 tahun, juga mengalahkan pencapaian politisi senior Partai Golkar yang juga Bupati Pasaman 2 periode, Benny Utama yang meraih 75.255 suara.

Catatan lain dari Dapil 2 Sumatera Barat ini, tergusurnya para petahana. Seperti, Guspardi Gaus dari PAN. Politisi senior yang baru periode pertamanya di parlemen tingkat pusat, harus mengakui keunggulan Arisal Azis yang notabene baru masuk partai.

Kemudian, John Kenedi Azis, anggota DPR RI dua periode dari Partai Golkar, yang harus mengakui keunggulan Bupati Pasaman dua periode, Benny Utama.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: