Ratusan Ribu Pelajar SMA Sederajat Ikuti Pesantren Ramadhan Kolaborasi, Mahyeldi: Belajar Pindah ke Masjid

Kamis, 07 Maret 2024, 09:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Ratusan Ribu Pelajar SMA Sederajat Ikuti Pesantren Ramadhan Kolaborasi, Mahyeldi: Belajar...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi memberikan semangat peserta Pencanangan Pesantren Ramadhan Kolaborasi 1445 H/2024 M tingkat Provinsi Sumbar di Halaman Istana Gubernur, Rabu. (humas)

PADANG (6/3/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengungkapkan, Pesantren Ramadhan Kolaborasi adalah pola pendidikan pesantren yang khusus untuk para pelajar dan generasi muda yang ke depan akan jadi calon-calon pemimpin masa depan bangsa.

"Kita mempercayai, Pesantren Ramadhan selama ini telah berhasil jadi salah satu solusi dalam menyiapkan generasi hebat di bulan yang penuh berkah," kata Mahyeldi usai meluncurkan Pencanangan Pesantren Ramadhan Kolaborasi 1445 H/2024 M tingkat Provinsi Sumbar di Halaman Istana Gubernur, Rabu.

Pesantren Ramadhan Kolaborasi ini, sambung Mahyeldi, akan jadi wadah pembinaan generasi muda, dengan mengambil momentum Ramadhan sebagai bulan Pendidikan, dengan mengalihkan lokasi belajar mengajar dari metode klasikal di kelas atau sekolah, ke metode intensif di masjid atau mushala.

"Pesantren Ramadhan bertujuan untuk membentuk generasi muda kita agar menjadi anak dan remaja yang intelek, memiliki kecerdasan spiritual serta kecerdasan emosional."

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

"Oleh karena itu, kita menyiapkan lebih dari 5.000 masjid, mushala dan surau untuk siswa-siswi kita menimba ilmu selama Ramadhan ini," ucap Mahyeldi.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah serta para guru dan panitia penyelenggara Pesantren Ramadhan, menjadikan momen ini sebagai peluang emas untuk memperkuat pondasi keimanan pelajar serta membentuk generasi muda yang berakhlak dan bertanggungjawab.

"Marilah kita manfaatkan kesempatan ini dengan penuh semangat dan kegembiraan. Pesantren Ramadhan bukan hanya tempat belajar agama, tetapi juga tempat tumbuh kembangnya kebersamaan, kepedulian, dan rasa persaudaraan," harap dia.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sumbar, Al Amin dalam laporannya menyebutkan, peserta Pencanangan Pesantren Ramadhan Kolaborasi untuk tahun ini terdiri dari 152.974 pelajar SMA dan 87.072 pelajar SMK, dengan total 240.046 orang dengan lokasi pelaksanaan kegiatan di 5.000 masjid di seluruh Sumbar.

Baca juga: Musfi Yendra Terbitkan Buku Kelima, Nurani Filantropis, Akan Diluncurkan Gubernur Sumbar

"Kita berharap Pesantren Ramadhan kali ini menjadi wadah yang istimewa bagi para pelajar untuk mendalami nilai-nilai agama, meningkatkan kualitas iman, dan mengembangkan karakter yang mulia," ucap Al Amin. (*)

IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: