Lulusan SMK jadi Sumber Pengangguran Terbesar, Supardi: Kebutuhan Industri dan Kompetensi masih Senjang

Sabtu, 02 Maret 2024, 21:45 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
Lulusan SMK jadi Sumber Pengangguran Terbesar, Supardi: Kebutuhan Industri dan Kompetensi...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi foto bersama dengan peserta rapat koordinasi kepala SMK negeri dan swasta di Bukittinggi, Jumat. (humas)

BUKITTINGGI (23/2/2024) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi menilai, lulusan SMK sangat berpotensi untuk jadi sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing langsung di dunia kerja pascakelulusan.

Lebih dari itu, ungkap dia, para lulusan SMK juga bisa jadi mandiri hingga menciptakan lulusan kinerja sendiri.

"Ini potensi yang harus dipicu kepala sekolah dan guru, selagi siswa masih menimba ilmu di sekolah. Persiapan mereka seoptimal mungkin untuk jadi SDM berkualitas yang memiliki daya saing tinggi," ujar Supardi.

Hal itu disampaikan Supardi saat menghadiri rapat koordinasi Kepala SMK se-Sumbar di Bukittinggi, Jumat.

Baca juga: Reses Perorangan Bersama Guru SMK se-Kota Payakumbuh, Supardi Gagas SMK Expo di Tahun 2024

Dikesempatan itu, Supardi juga memotivasi para kepala SMK untuk terus berinovasi dan berkreatifitas demi mewujudkan lulusan SMK yang berkualitas.

Saat itu, Supardi juga memotivasi para kepala sekolah untuk berfokus pada pengembangan SMK.

Selain itu, dia menilai, SMK mesti mengembangkan kerjasama dengan dunia usaha serta dengan dunia Industri (DUDI) melalui EXPO SMK.

"Saatnya untuk melakukan perubahan mindset pimpinan sekolah untuk melahirkan lulusan SMK yang bukan hanya bisa jadi tenaga kerja untuk industri, tetapi juga memiliki potensi untuk mandiri," tukas dia.

Supardi menilai, kepala sekolah yang cerdas itu selalu berinovasi dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk mengembangkan bakat siswanya demi meraih masa depan.

"Setiap kepala sekolah mesti benar-benar mengelola sekolahnya dengan pengabdian penuh dan mau berkorban pemikiran serta waktu."

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: