Wako Padang: Musrenbang Momentum untuk Dengarkan Masukan Masyarakat

Kamis, 29 Februari 2024, 09:15 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Wako Padang: Musrenbang Momentum untuk Dengarkan Masukan Masyarakat
Wako Padang, Hendri Septa dan jajaran, foto bersama dengan peserta Musrenbang tingkat Kecamatan Koto Tangah, Rabu. (humas)

PADANG (28/2/2024) - Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), merupakan momentum untuk mendengarkan masukan dari masyarakat untuk rencana pembangunan jangka panjang.

"Mau seperti apa kecamatan Koto Tangah kedepannya, ditentukan agenda pembangunan yang dirumuskan dalam Musrenbang. Ini lah salah satu kegunaan Musrenbang dilaksanakan," ungkap Hendri Septa, saat membuka kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Koto Tangah, Rabu.

Dia menjelaskan, Musrenbang yang dilaksanakan di 11 kecamatan, merupakan lanjutan dari Rapat Koordinasi Rencana Pembangunan (Rakorbang) tingkat kelurahan, yang diawali dengan kegiatan rembuk warga

"Usulan prioritas dari Rakorbang itulah yang dibawa sebagian usulan kecamatan," tambah Hendri.

Baca juga: Arif Kurnia Serasa Bermimpi Bisa Tidur di Rumah Wali Kota Padang

Selanjutnya, kata dia, hasil Musrenbang masing-masing kecamatan tersebut akan direkap oleh Badan Perencanaan Pembanguan Daerah (Bappeda).

Semua prioritas program unggulan, kata Hendri, akan dibicarakan di tingkat kota, untuk selanjutnya program tersebut akan disesuaikan dengan sumber anggaran.

"Apakah program tersebut akan melibatkan sumber anggaran APBD Kota Padang, APBD Provinsi Sumbar atau melibatkan APBN," imbuhnya.

"Sesuai arahan pemerintah pusat, untuk 20 tahun kedepan, rencana pembangunan harus selaras dengan pemerintah pusat," sambung Hendri.

Baca juga: Wali Kota Padang Serahkan Bantuan Paket Sembako Bagi Warga Kecamatan Padang Selatan

Khusus untuk kecamatan Koto Tangah, lanjut dia, sebagai kecamatan terluas dan memiliki jumlah penduduk terbanyak di Kota Padang, maka pembangunan dan perbaikan infrastruktur menjadi prioritas.

Halaman:

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: