Ikon Bukittinggi Lain Tak Hanya Jam Gadang, Apa Itu? Simak Sejarahnya!

Rabu, 31 Januari 2024, 12:05 WIB | Wisata | Kota Bukittinggi
Ikon Bukittinggi Lain Tak Hanya Jam Gadang, Apa Itu? Simak Sejarahnya!
Jembatan Limpapeh (foto: Google Maps/Bayu Haryanto)

SEPERTI yang sama-sama diketahui bahwa ikon Bukittinggi yaitu Jam Gadang, tapi ternyata tidak cuma itu saja karena ada tempat lainnya loh.

Menurut Youtuber Creative Hamidi dalam videonya, tempat wisata yang dijadikan sebagai ikon Kota Bukittinggi lainnya yaitu Jembatan Limpapeh.

Alamat Jembatan Limpapeh di Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan telah peroleh rating 4,8 bintang.

Terdata bahwa sudah 193 orang yang mengulas kedatangan mereka sesuai informasi dari Google Maps, berikut beberapa di antaranya yaitu Iman Sadesmesli.

Baca juga: BPRS Jam Gadang Raih TOP BUMD Golden Trophy 2024, Erman Safar Raih TOP Pembina

"Jembatan penghubung benteng fort de kock dengan taman margasatwa dan budaya kinantan yang berlatar gunungapi singgalang," jelasnya saat berkunjung akhir Januari 2024.

"Lokasinya dekat kantor walikota Bukittinggi arah utara, dari tengah jembatan akan terlihat kesibukaan kota disisi selatan ke arah jam gadang. Bagian utara berhadapan kantor walikota bukittinggi," jelasnya.

Sejarah Jembatan Limpapeh Ikon Bukittinggi

Kawasan sekitar akrab disebut dengan Kampung Cino (Kampung China), selain jembatan panjang, daerah itu juga dibangun desain rumah gadang di tengah jembatannya. Warga sekitar mengenal daerah itu sebagai ikon Kota Bukittinggi, selain Jam Gadang.

Pembangunannya sudah dilakukan sejak tahun 1995 dari besi dengan warna kuning dan merah yang terlihat dominan sebagai hiasannya, merupakan penghubung taman margasatwa dan budaya kinantan dengan Benteng Fort de Kock.

Baca juga: Wisata Sejarah: Rumah Kuno Era Kolonial, 6 Km dari Jam Gadang Bukittinggi, Rata-rata Milik Pahlawan Nasional

Jika kamu melihat dari bawah saat berkendara, Jembatan Limpapeh akan terlihat biasa saja. Beda rasanya saat kamu melintasi jembatan itu sendiri, justru sensasinya akan memacu adrenalin yang unik banget.

Halaman:

Penulis: Rumpun3
Editor: Rumpun1
Sumber:

Bagikan: