Warga Simawang Minta Gubernur Perbaiki JUT, Mahyeldi: Bentuk Keltan Lalu Ajukan Proposalnya

Senin, 29 Januari 2024, 06:33 WIB | Kabar Daerah | Kab. Tanah Datar
Warga Simawang Minta Gubernur Perbaiki JUT, Mahyeldi: Bentuk Keltan Lalu Ajukan...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama tokoh masyarakat Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan, melepas bibit nilai di Talago Simawang, Sabtu. (humas)

TANAH DATAR (27/1/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi meminta perangkat Nagari Simawang, segera mengajukan proposal pengerjaan jalan usaha tani (JUT) sepanjang 5 Km ke Pemprov Sumbar.

"Kuncinya, harus ada kelompok taninya (Keltan) dulu. Baru, usulkan pengerjaan pembangunannya ke Pemprov Sumbar. Insya Allah nanti kita tindak lanjuti," ucap Mahyeldi saat berkunjung ke nagari yang ada di kecamatan Rambatan itu.

Harapan itu disampaikan Mahyeldi, usai melepas 8.000 bibit ikan nila di Talago Simawang, Sabtu. Dikesempatan itu, warga meminta gubernur untuk membantu pengerasan jalan lingkar di Nagari Simawang yang sekaligus JUT.

Sektor pertanian, urai Mahyeldi, merupakan salah satu sektor yang paling fokus dibangun oleh Pemprov Sumbar.

Baca juga: 3 Ide Usaha di Desa Minimal Untung Rp200 Ribu/Hari, Nomor 2 Untung Rp10 Juta/Bulan

Oleh karenanya, pengadaan dan perbaikan akses jalan untuk mendukung sektor ekonomi terkuat bagi masyarakat ini selalu dikedepankan.

"Keberadaan jalan sangat penting untuk mendorong kebutuhan kelompok tani. Oleh karena itu, kami terus imbau agar kita semakin semangat banagari, karena dengan semangat itu kita yakin tak ada permasalahan yang tak ada jalan keluarnya," ucap dia.

Adapun agenda pokok dalam kunjungan tersebut, Mahyeldi turut melepas bibit ikan nila sebanyak 8.000 ekor di Talago Simawang.

Ia pun berharap agar ketersediaan air di wilayah itu dapat terus terjaga, sehingga bibit-bibit ikan yang dilepas tersebut dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi nagari ke depan.

Baca juga: BANJIR PESSEL: Pemkab Solok Bantu Paket Sembako dan Perlengkapan Senilai Rp100 Juta

Di sisi lain, salah seorang Tokoh Masyarakat Simawang, Abu Bakar, mewakili masyarakat Nagari Simawang berterima kasih atas perhatian gubernur kepada nagari tersebut.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: