Parkir Mencekik di Bukittinggi, Target tak juga Tercapai

Senin, 04 Januari 2016, 09:16 WIB | News | Kota Bukittinggi
Parkir Mencekik di Bukittinggi, Target tak juga Tercapai
Kepala Dishubkominfo Bukittinggi, Ibentaro Samudera. (istimewa)

VALORAnews - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Bukittinggi, tidak mampu mencapai target parkir 100 persen hingga akhir tahun. Padahal, setiap libur akhir pekan, libur panjang hari raya Idul Fitri dan tahun baru, sejumlah titik parkir yang ada kota itu selalu penuh, di samping biaya pakir mencekik diminta juru parkir.

Kepala Dishubkominfo Bukittinggi, Ibentaro Samudera, kemarin, menyebutkan, hingga akhir Desember 2015, target parkir baru terealisasi sebesar 60 persen dari target Rp905.225.000. Ia menyebutkan, dari 22 titik parkir resmi yang ada di Bukittinggi, yang paling lama melakukan penyetoran ke Dishubkominfo adalah pengelola parkir di kawasan parkir Pasar Atas, Jalan Ahmad Yani dan parkir Kampung Cina.

Selain itu, katanya, kendala lain --tidak tercapainya target parkir seratus persen-- karena parkir masih dikelola secara manual. "Mestinya, kota seperti Bukittinggi ini sudah memakai sistim elektrik ticketing, sehingga sangat membantu dan mudah dalam proses administrasi," ujarnya.

Banyaknya pengelola parkir di 22 titik parkir yang ada, menurutnya, juga membuat target parkir sulit tercapai, lantaran banyaknya parkir liar.

Baca juga: DWP Bukittinggi Antarkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Agam

Terkait mencekiknya tarif parkir yang diminta oknum petugas parkir di titik parkir resmi dan tidak resmi, Ibentaro mengaku, sudah berupaya untuk menertibkannya, namun belum mendapatkan hasil yang maksimal.

Di samping itu, ujar Ibentaro, lantaran minimnya anggaran penertiban parkir nakal dimiliki Dishubkominfo, meski telah mengajukan tambahan dana kepada tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Bukittinggi.

Ibentaro merasakan karena kurangnya sinergi antar SKPD ikut mempengaruhi tak berjalan dengan maksimal program yang telah dirancang.

Kedepan, ia mengajak, seluruh SKPD dan instansi terkait lainnya agar saling berkoordinasi dalam bekerja, terutama sekali SKPD Satpol PP, Dinas PU, Dinas Pasar, Satlantas Polres Bukittinggi dan Kodim 0304 Agam, yang berkaitan langsung dengan Dishubkominfo.

Baca juga: Tabungan Utsman 2024 Diluncurkan, Target 2200 Nasabah Tapi Ada Margin Ringannya

Data pada Dinas Pendapatan dan Pendapatan Keuangan dan Aset daerah (DPKAD). Sampai 15 Desember 2015, target parkir Rp905.225.000, Dishubkominfo hanya mampu merealisasikan retribusi parkir senilai Rp439.814.000 atau sekitar 48,59 parsen, yang dikumpulkan dari Kawasan Pasar Atas Rp255.915.000, kawasan Pasar Bawah Rp64.246.000, Kawasan Pasar Aur Rp58.268.000, Kawasan Wisata Rp34.950.000, parkir Kawasan Bukit Cangang Rp22.000.000.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: