BI Targetkan Petani di 19 Kabupaten Kota di Sumbar Tuntas Gelar SLI Sepanjang Tahun 2024

Rabu, 17 Januari 2024, 06:00 WIB | Kabar Daerah | Kab. Padang Pariaman
BI Targetkan Petani di 19 Kabupaten Kota di Sumbar Tuntas Gelar SLI Sepanjang Tahun 2024
Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endang Kurnia Saputra, Kadis Pertanian Padang Pariaman, Yurisman Yakub, Perwakilan BMKG Sumbar, Rodi melakukan Panen Raya Padi Klaster Padi Kelompok Tani Rawang Lokan, Selasa (16/1/2024). (veri rikiyanto)

Di SLI terang Rodi, petani diajarkan memahami cuaca, kemudian bisa menentukan saat yang tepat untuk mulai bercocok tanam, serta varietas apa yang paling cocok ditanam sesuai kondisi cuaca saat itu.

"Dengan adanya pemahaman dan literasi terkait iklim, kita harapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, sekaligus meminimalisir resiko gagal panen," kata Rodi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman, Yurisman Yakub mengucapkan terima kasih atas dukungan BI dan BMKG, terhadap peningkatan sektor pertanian di wilayahnya.

Baca juga: BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Jumat, Ini Daerahnya

Saat ini, terang Yurisman, Kabupaten Padang Pariaman merupakan wilayah penghasil beras yang selain mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayahnya, juga mampu untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah tetangga.

"Hasil padi kita 178 ribu ton, sementara kebutuhan masyarakat 97 ribu ton, artinya kita surplus," kata dia.

Ia berharap, dengan adanya dukungan dari BI dan BMKG dapat lebih meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayahnya, sehingga tentunya juga dapat meningkatkan kesejahteraan para petani di wilayahnya. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: