Ini Kesiapan Sumut Sambut Pemilu 2024 dan PON XXI

Senin, 01 Januari 2024, 09:30 WIB | News | Provinsi Sumatra Utara
Ini Kesiapan Sumut Sambut Pemilu 2024 dan PON XXI
Kepala Bappelitbang Sumut, Hasmirizal Lubis saat mewakili Penjabat Gubernur Sumut, Hassanudin dalam kegiatan Dialog TVRI Sumut, Sabtu (30/12/2024). Dialog bertemakan PON XXI Sumut dan Pemilu serentak 2024. (humas)

MEDAN (1/1/2024) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Sumut, Hasmirizal Lubis menegaskan, Pemprov Sumut berkomitmen untuk memastikan proses Pemilu berjalan lancar.

"Meliputi penyediaan sarana dan prasarana, mendorong penyelenggara memastikan tersedianya sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pelaksanaan Pemilu," ungkap Hasmirizal di Medan.

Hal itu dikatakannya, saat mewakili Penjabat Gubernur Sumut, Hassanudin dalam kegiatan Dialog TVRI Sumut, Sabtu (30/12/2024).

Dikatakan, pada Pemilu 2024 serentak, pemerintah telah menyiapkan logistik, melakukan sosialisasi, persiapan keamanan, pengawasan kampanye hingga pemutakhiran data pemilih.

Baca juga: TinJau Kesiapan Sumut jadi Tuan Rumah PON XXI, Ini Penilaian Menpora dan KONI Pusat

Mengenai sosialisasi masyarakat, Pemprov Sumut terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hak suara dan dampaknya terhadap demokrasi. Juga meningkatkan aksesibilitas Pemilu bagi masyarakat.

"Juga memastikan fasilitas yang memudahkan pemilih, seperti Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mudah diakses, transportasi umum yang memadai dan aksesibilitas bagi pemilih disabilitas," ujar Hasmirizal.

Selain itu, untuk menjaga stabilitas politik dan sosial selama periode pemilihan, serta menjaga potensi ketegangan politik, pemerintah mendorong penegakan hukum secara adil dan tegas terhadap pelanggaran hukum yang terkait dengan proses Pemilu.

"Pemerintah juga mendorong penindakan terhadap pelanggaran, termasuk pelanggaran kampanye, pelanggaran keamanan, dan pelanggaran lainnya yang dapat mengganggu stabilitas politik dan sosial," ungkap dia.

Baca juga: Gubernur Sumut Serahkan Masterplan Penyelenggaraan PON XXI Sumut, Ini Kata Menpora

"Pemerintah juga mendorong penyelesaian sengketa Pemilu secara adil dan transparan. Mekanisme penyelesaian sengketa yang dapat diakses oleh semua pihak yang terlibat," tambah Hasmirizal.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: