BPK Sumut Serahkan LHP Tahun 2022, Tindak Lanjut Selambatnya 60 Hari

Minggu, 31 Desember 2023, 16:15 WIB | News | Provinsi Sumatra Utara
BPK Sumut Serahkan LHP Tahun 2022, Tindak Lanjut Selambatnya 60 Hari
Pj Gubernur Sumut, Hassanudin bersama Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting tandatangani berita acara serah terima LHP Tahun 2022 disaksikan Kepala Perwakilan BPK RI Sumut, Eydu Oktain Panjaitan di Medan, Jumat. (humas)

MEDAN (29/12/2023) - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin mengatakan, pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan instrumen dalam memperkuat akuntabilitas, tata kelola dan kapasitas dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah, yang efektif, efesien dan akuntabel.

"Pemeriksaan ini juga digunakan untuk melihat sejauh mana ketaatan terhadap segala ketentuan peraturan perundang-undangan, termasuk ketaatan pelaksanaan norma, standar, prosedur dan kriteria," ungkap Hassanudin di Medan, Jumat.

Hal itu dikatakan Hassanudin usai menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK terhadap penggunaan anggaran tahun 2022. Hassanudin menyampaikan, akan segera menindaklanjuti LHP tersebut secepatnya.

"Sekali lagi, kami sangat berterima kasih atas pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI Perwakilan Sumut sebagai usaha, tindakan, dan kegiatan untuk memastikan pencapaian sasaran prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan daerah tercapai," kata Hassanudin.

Baca juga: DWP Sumut Lepas Anggota Pergi Haji dengan Tradisi Tepung Tawar

Bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, urai dia, hasil pemeriksaan yang disampaikan ini sangat penting dan pada waktu yang tepat, mengingat tahun 2024 sudah di depan mata.

"Hasil pemeriksaan ini jadi bahan kami dalam menyusun berbagai program," kata Hassanudin pada Penyerahan LHP BPK RI di auditorium Kantor BPK Perwakilan RI Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan.

Ada beberapa hal yang menjadi fokus pemeriksaan BPK RI, di antaranya pemeriksaan kinerja atas efektivitas pengelolaan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

Kemudian, efektivitas penyelenggaraan jalan, efektivitas upaya pemerintah daerah dalam pemanfaatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, serta kepatuhan belanja infrastruktur jalan dan lainnya.

Baca juga: Pj Bupati Deliserdang dan Taput Dilantik, Ini Pesan Gubernur Sumut

Pemprov Sumut telah berupaya sebaik mungkin dalam menjalankan program pembangunan beberapa fokus pemeriksaan tersebut. Di antaranya peningkatan jalan dari tahun ke tahun.

Halaman:

Penulis: Arif Budiman Effendi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: