UNP Gelar Hasil Penelitian Cagar Budaya Maek, Supardi: Ada Misteri yang Mesti Diungkap, Unesco Menunggu

Selasa, 26 Desember 2023, 13:30 WIB | Wisata | Kab. Lima Puluh Kota
UNP Gelar Hasil Penelitian Cagar Budaya Maek, Supardi: Ada Misteri yang Mesti Diungkap,...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi membuka study kelayakan Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Maek Berkelanjutan di Padang, Ahad. (humas)

Dikesempatan itu, Supardi menegaskan, soal Maek ini bukan masalah yang berhubungan dengan politik. "Maek adalah persoalan harga diri, persoalan budaya dan peradaban, sejarah dan ilmu pengetahuan," tegasnya.

"Ada pergulatan pemikiran sejuta misteri yang mesti kita bongkar, sebagai kekayaan bernilai Sumatera Barat yang jika dikelola dengan baik akan dapat memberikan kebaikan dalam kemajuan pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat Sumbar," tambah dia.

Supardi juga katakan, Maek adalah peradaban tertua, jika ini benar adanya tentu akan luar biasa mengemparkan dunia. Menjadi distinasi wisata dunia yang akan membanggakan Indonesia.

Baca juga: Kaldera Danau Toba Ditetapkan Unesco jadi Warisan Dunia, Ini Harapan Kadiskominfo Sumut pada Wartawan Unit Pemprov

"Akan banyak datang berkunjung para wisatawan dunia yang juga akan diikuti oleh para penelitian dunia dari berbagai belahan dunia ingin mempelajari, keberadaan kawasan peradaban Maek."

"Untuk semua usaha ini, kita ingin melibatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan wisata ini, agar masyarakat dapat merasakan kesejahteraan," ajaknya.

Study Kelayakan (Feasibility Study) Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Maek Berkelanjutan ini, dihadiri Kadis Kebudayaan, Dosen UNP, perangkat nagari Maek, tokoh-tokoh masyarakat dan utusan para generasi muda Maek. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: