Afrizal Bantu 50 Ekor Kambing untuk Kelompok Ternak Cahaya Baru Kuranji

Minggu, 24 Desember 2023, 06:31 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Afrizal Bantu 50 Ekor Kambing untuk Kelompok Ternak Cahaya Baru Kuranji
Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sumbar, Afrizal berdialog dengan masyarakat di Kota Padang, beberapa waktu lalu. (humas)

PADANG (23/12/2023) - Anggota DPRD Sumatera Barat, Afrizal menilai, berternak adalah salah satu upaya mewujudkan percepatan kemandirian finansial petani.

"Kambing merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak manfaat. Kotorannya bisa jadi pupuk, daging dan susunya bisa dijual untuk konsumsi serta reproduksinya tinggi, dapat melahirkan 2 kali dalam satu tahun," ungkap Afrizal di Padang, Sabtu.

Hal itu dikatakan anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Sumbar itu, usai menyerahkan bantuan 50 ekor kambing bagi Kelompok Ternak Cahaya Baru di Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Padang.

Menurut Afrizal, dengan membudidayakan kambing, petani memiliki sumber pendapatan tambahan selain usaha utamanya bertani.

Baca juga: Reses Dapil di Kuranji, Afrizal Paparkan Aspirasi yang Siap Direalisasikan Tahun 2024

"Kambing ini perawatannya relatif mudah dan pakannya juga tersedia banyak di sekitar kita," ungkap Afrizal.

Dikesempatan itu, Afrizal juga memberikan tips tentang waktu yang tepat untuk menjual kambing. Menurutnya, waktu yang tepat menjual kambing adalah di saat berat badan kambing sudah tidak dapat bertambah lagi (berat maksimal tercapai-red).

"Ketika kambing sudah berada di usia 1-1,5 tahun, berat tubuhnya sudah tidak dapat bertambah lagi. Jadi, inilah saat yang ideal untuk menjualnya karena beratnya sudah maksimal," ungkap Afrizal. (*)

Baca juga: Afrizal dan Raflis Sambut Studi Strategi Komisi A DPRD Tapanuli Selatan

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: