Ekspose Kinerja Tahun 2023, DPRD Sumbar Raih Peringkat II Nasional Kategori Sebaran Pemberitaan

Senin, 18 Desember 2023, 23:59 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Ekspose Kinerja Tahun 2023, DPRD Sumbar Raih Peringkat II Nasional Kategori Sebaran...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi didampingi Ali Tanjung (ketua Komisi III) dan Raflis (Sekwan) saat jumpa pers ekspose akhir tahun 2023 tentang Kinerja DPRD Sumbar di ruang khusus I, Senin siang. (humas)
Infografis sebaran pemberitaan tentang DPRD Sumbar merujuk hasil survei Indonesia Indikator.
Infografis sebaran pemberitaan tentang DPRD Sumbar merujuk hasil survei Indonesia Indikator.

Massifnya publikasi tentang kinerja DPRD Sumatera Barat sepanjang 2023 ini, telah memantik lembaga legislatif dari berbagai daerah di Indonesia, melakukan kegiatan studi komparatif.

"Study Komparatif yang dilakukan anggota dewan dari berbagai provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia ke DPRD Sumbar ini, mencapai 1.149 kali," ungkap Supardi.

"Kunjungan studi komparatif dari daerah lain ini, sejatinya juga telah berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian Sumatera Barat," tambah Raflis yang akan memasuki masa pensiun di medio tahun 2024 ini.

Baca juga: Komisi I dan II DPRD Kepulauan Meranti Pelajari Hal Ini ke DPRD Sumbar

Infografis produk hukum DPRD Sumbar.
Infografis produk hukum DPRD Sumbar.

Diketahui, selama tahun 2023 ini, DPRD Sumbar menggelar 3.404 kali rapat paripurna, rapat kerja Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sebanyak 1.095 kali.

Kemudian, menerima aspirasi publik sebanyak 1.940 kali dengan rincian menerima kunjungan masyarakat dalam format hearing sebanyak 750 dan demi aspirasi sebanyak 1.200 kali.

"Secara kuantitas, sepanjang tahun 2023 ini, DPRD Sumbar telah berkomunikasi dengan 10.287 orang dengan berbagai agenda dan kepentingan," ungkap Supardi.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi didampingi Ali Tanjung dan Raflis saat jumpa pers akhir tahun 2023.
Ketua DPRD Sumbar, Supardi didampingi Ali Tanjung dan Raflis saat jumpa pers akhir tahun 2023.

Tak hanya anggota parlemen dari berbagai daerah di Indonesia, DPRD Sumatera Barat juga jadi objek kunjungan pelajar, siswa dan mahasiswa. Berbagai topik jadi agenda kunjungan para generasi penerus bangsa ini.

Mayoritas, pembahasan yang dilakukan tentang tugas pokok dan fungsi anggota DPRD terkhusus pada tiga tugas utama, fungsi legislasi (pembuatan peraturan daerah), fungsi budgeting (penganggaran) dan fungsi pengawasan.

Kinerja Legislasi

Sepanjang tahun 2023 ini, DPRD Sumatera Barat telah menyetujui 9 rancangan peraturan daerah (Ranperda), dimana tiga di antaranya berkaitan dengan penyelenggaraan APBD Sumbar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: