Siswa Kelas X SMA 3 Payakumbuh Ikuti Test Minat Bakat, Supardi: Untuk Pemetaan dan Pengenalan Potensi Diri

Kamis, 14 Desember 2023, 19:18 WIB | Kabar Daerah | Kota Payakumbuh
Siswa Kelas X SMA 3 Payakumbuh Ikuti Test Minat Bakat, Supardi: Untuk Pemetaan dan...
Ketua DPRD Sumbar, Supardi saat memberikan sambutan pada kegiatan program tes minat bakat yang dilaksanakan di SMA 3 Payakumbuh, Rabu. (humas)

PAYAKUMBUH (13/12/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan, tidak ada yang mengetahui potensi apa yang ada di dalam diri termasuk orang tua bahkan diri sendiri.

"Melalui program tes minat bakat ini, kita mengetahui bagaimana seharusnya individu tersebut untuk menentukan arah masa depan yang cocok untuk dijalani," ungkap Supardi saat membuka program tes minat bakat yang dilaksanakan di SMA 3 Payakumbuh, Rabu.

Dalam dunia pendidikan, ungkap Supardi, penting rasanya untuk mengidentifikasi potensi anak. Selama ini, dilakukan hanya dengan meraba-raba. Nyaris tidak ada pemetaan yang strategis terkait masa depan anak sesuai bakat yang dimiliki.

"Mengenali potensi diri, merupakan suatu langkah strategis untuk menggapai masa depan yang cerah. Tes minat dan bakat merupakan upaya yang penting demi menciptakan generasi emas di masa depan," tegasnya.

Baca juga: 1000 Anak SD di Payakumbuh Ikuti Tes Minat Bakat Olahraga, Supardi: Agar Pembinaan Fokus dan Terarah

Dikatakan Supardi, dalam menentukan masa depan banyak generasi muda mengikuti arus yang berkembang pada masa itu. Sehingga, mengabaikan dimana potensi diri yang sebenarnya.

Contohnya, ketika sedang trend masuk fakultas kedokteran saat akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi, maka semua ingin masuk jurusan itu.

Kenyataannya, dia tidak memiliki potensi untuk menempuh pendidikan itu, hingga akhirnya jadi pemicu hal-hal yang menggangu masa depannya.

"Deteksi potensi diri melalui tes minat dan bakat penting dilaksanakan, karena berkaitan dengan masa depan anak," katanya.

"Negeri akan bisa maju, ketika kita mampu untuk mengubah pola pikir pendidikan, semua mengingatkan anak-anak mendapatkan masa depan yang cerah namun potensinya tidak diketahui, sehingga perlu diadakan tes minat bakat," tambah dia.

SMK Expo

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: