Enam Sekolah di Padang Berintegritas Laksanakan UN

Minggu, 27 Desember 2015, 21:40 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Enam Sekolah di Padang Berintegritas Laksanakan UN
Gedung SMAN 1 Padang yang juga difungsikan sebagai lokasi evakuasi vertikal jika terjadi bencana tsunami. (istimewa)

VALORAnews - Sejak diluncurkannya program Indeks Integritas Sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melansir, nama-nama sekolah berintegritas dan minim kecurangan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN). Sebanyak 503 sekolah se-Indonesia diapresiasi karena mampu meminimalisir kecurangan pelaksanaan UN.

Dari 503 sekolah itu, enam di antaranya merupakan sekolah di Kota Padang. Keenam sekolah tersebut yakni SMP Negeri 2 dengan nilai 97,71, SMP Negeri 1 (97,42), SMP Negeri 11 (97,27), SMP Negeri 12 (97,25), SMP Negeri 8 (97,15), SMP Negeri 7 (97,00). Sedangkan satu sekolah lagi yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 dengan nilai 94,65.

Seluruh sekolah itu memiliki nilai rata-rata IUN tertinggi dan konsisten dalam enam tahun ini. Setiap siswa di sekolah tersebut terbilang jujur dalam menjawab setiap pertanyaan UN.

Ditetapkannya enam sekolah di Padang sebagai sekolah berintegritas, direspon baik Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo. Dia menegaskan, kejujuran adalah nilai-nilai fundamental, nilai dasar suatu negara dalam membangun bangsa. Sebuah bangsa akan dihormati oleh negara lain jika pemimpinnya jujur dan berintegritas, jika rakyatnya jujur dan berintegritas.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Ia menyebutkan, banyak bangsa yang gagal karena bangsa tersebut gagal menjaga integritasnya. Oleh karena itu, nilai-nilai kejujuran harus ditumbuhkan sejak dini baik di keluarga maupun di sekolah.

"Kita punya nilai-nilai itu tetapi kita lupa, tidak memberikan perhatian pada nilai-nilai etika, nilai-nilai integritas, nilai-nilai kejujuran, kita lupa sekian dekade ini," kata Mahyeldi.

Karena itu, Mahyeldi menegaskan, perlunya sekolah kembali mengajarkan nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai etika, niali budi pekerti, nilai kejujuran, nilai moralitas, nilai kepantasan, dan nilai kepatutan jika kita ingin menjadi negara yang besar dan bermartabat.

"Jangan bangga bila nilai UN yang didapat sangat tinggi, tapi dengan cara-cara tidak jujur. Banggalah dengan nilai UN yang sangat tinggi tapi melalui cara-cara yang benar," katanya. (vri)

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: