BI Sumbar Gelar Creatifest 2023 di Lapangan GOR Agus Salim hingga 3 Desember, Endang: Ajang Pertemukan UMKM dengan Pasar

Sabtu, 02 Desember 2023, 08:45 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
BI Sumbar Gelar Creatifest 2023 di Lapangan GOR Agus Salim hingga 3 Desember, Endang:...
Sekdaprov Sumbar, Hansastri saat menghadiri pembukaan Sumbar Creatifest 2023 di Kawasan GOR H. Agus Salim, Padang, Jumat sore. (humas)

PADANG (1/12/2023) - Sekdaprov Sumatera Barat, Hansastri mengatakan, Sumbar Creatifest 2023 akan berdampak positif untuk pengembangan pasar UMKM lokal dan pertumbuhan ekonomi Sumbar.

"Ini adalah bentuk nyata dari kolaborasi dan sinergitas antara Pemprov Sumbar dan Bank Indonesia dalam mendukung pengembangan UMKM lokal dan pertumbuhan ekonomi," ucap Hansastri saat menghadiri pembukaan Sumbar Creatifest 2023 di Kawasan GOR H. Agus Salim, Padang, Jumat sore.

Menurutnya, dibawah kepemimpinan Gubernur Mahyeldi dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy pertumbuhan ekonomi Sumbar telah menunjukkan trend positif.

Triwulan II Tahun 2023 tumbuh sebesar 5,14% year on year (yoy) meningkat dibandingkan dengan triwulan I Tahun 2023 yang tumbuh 4,80% yoy.

Baca juga: RPJPD Sumbar 2025-2045 Sejalan dengan Capaian Target Indonesia Emas 2045

Persentase tersebut jauh meningkat dibandingkan dengan triwulan IV Tahun 2022 lalu yang tumbuh 4,15 % yoy.

"Angka pertumbuhan ekonomi Sumbar selama Tahun 2023 telah menunjukkan trend positif, itu karena lapangan usaha sejumlah sektor seperti pertanian, perdagangan dan jasa serta UMKM bergerak secara merata. Ini yg harus kita jaga kedepan," ungkap Hansastri.

Selanjutnya, Hansastri mengatakan, saat ini juga telah ada sumber pertumbuhan ekonomi baru yang sangat potensial di Sumbar, yakni sektor pariwisata.

Setidaknya, dalam 2 tahun terakhir Pemprov Sumbar telah menggarap sektor ini secara fokus dengan mengusung konsep Meeting, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) yang dikemas melalui tagline Visit Beautiful West Sumatera 2023.

Baca juga: Sekdaprov Sumbar Ajak Masyarakat Doakan Brigjen TNI (Purn) HA Nazri Adlani

Hasilnya cukup bagus, sambung Hansastri. Dimana, selama Tahun 2023, banyak kegiatan pertemuan tingkat nasional dan internasional dari berbagai Kementerian, Asosiasi Perguruan Tinggi, Kedokteran dan beberapa stakeholders lainnya diselenggarakan di Sumbar.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Veri Rikiyanto
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: