Pemilu 2024, Peserta Kampanye Dibolehkan Dapat Makan, Minum dan Pengganti Transport

Kamis, 23 November 2023, 14:45 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Pemilu 2024, Peserta Kampanye Dibolehkan Dapat Makan, Minum dan Pengganti Transport
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrmen bersama komisioner lainnya, Medo Patria, Jons Manedi dan Ory Sativa Syakban beserta Vifner (Bawaslu Sumbar) pada Rapat Koordinasi Kampanye Pemilu Serentak 2024 bersama Stakeholder di Padang, Kamis. (mangindo kayo)

PADANG (23/11/2023) - Peserta kampanye Pemilu 2024, diizinkan untuk mengalokasikan anggaran untuk makan, minum serta pengganti transport bagi peserta kampanye.

"Alokasi anggaran untuk peserta kampanye itu, tak boleh diserahkan dalam bentuk uang tunai," ungkap Ketua Divisi Sosdikli Parmas dan SDM KPU Sumbar, Jons Manedi di Padang, Kamis.

Hal itu dikatakan Jons Manedi pada Rapat Koordinasi Kampanye Pemilu Serentak 2024 bersama Stakeholder di Padang.

Rapat ini dibuka Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen didampingi komisioner KPU Sumbar, Medo Patria dan Ory Sativa Syakban. Dari Bawaslu Sumbar, hadir Vifner beserta staf.

Baca juga: Ini Jenis Kesalahan yang jadi Penyebab Pemilu Ulang pada 15 TPS di Sumatera Barat

Dikatakan Jons Manedi, sesuai Keputusan KPU No 1622 Tahun 2023, nominal anggaran yang dialokasikan untuk pemilih itu, besarannya merujuk standar biaya daerah masing-masing sesuai tingkatan.

"Kita berharap, Pemprov Sumbar ataupun Pemkab/Pemko, merilis standar biaya tersebut sehingga peserta Pemilu tidak melakukan pelanggaran pidana Pemilu," ungkapnya.

Potensi pidana Pemilu itu, terangnya, terkait dengan menyerahkan anggaran makan, minum dan pengganti transport itu dalam bentuk uang tunai.

"Jika diserahkan secara tunai, masuk kategori politik uang jadinya," tegas Jons Manedi.

Baca juga: KPU Sumbar Gelar Doa Bersama Pemilu 2024, Ini Pesan Gubernur Terkait Target Partisipasi Pemilih

Sementara, Vifner dari Bawaslu Sumbar, juga mengingatkan KPU terkait keresahan peserta Pemilu soal pengganti uang transportasi ini.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN KPU SUMBAR AJAKAN MEMILIH