107 UMKM Agam Ikuti Pelatihan Membaca Analitik untuk Optimalisasi Bisnis secara Digital

Rabu, 22 November 2023, 07:39 WIB | Bisnis | Kab. Agam
107 UMKM Agam Ikuti Pelatihan Membaca Analitik untuk Optimalisasi Bisnis secara Digital
Peserta pelatihan membaca data analitik untuk pelaku UMKM yang hadirkan Pemateri dari Tim Kerja Digital Entrepeneurship Academy (DEA) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Selasa. (humas)

AGAM (21/11/2023) - Pemkab Agam fasilitasi 107 orang pelaku UMKM ikuti pelatihan membaca data analitik. Pemateri dalam pelatihan ini, Tim Kerja Digital Entrepeneurship Academy (DEA) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Dengan memiliki kemampun membaca data analytic, akan memudahkan pelaku UMKM di Agam dalam merancang pembuatan strategi pemasaran," ungkap Ketua Tim Kerja DEA Kominfo, Vidyantina Heppy Anandhita, Selasa.

Pelatihan analitik dan optimalisasi bisnis ini digelar di Aula Kantor Camat IV Angkek selama dua hari, tanggal 21 dan 22 November 2023.

Peserta pelatihan dibagi jadi dua kelompok. Kelompok A melakukan pelatihan di aula kantor Camat IV Angkek. Sementara, Kelompok B melakukan pelatihan di aula kantor Camat Baso.

Baca juga: Satgas Penanggulangan Bencana Bersihkan Masjid Jami' Sungai Pua

Adapun kelompok A berjumlah 50 peserta dan kelompok B berjumlah 52 peserta. Sebelumnya total peserta yang mendaftar mencapai 107 orang dengan diwajibkan melakukan tes substansi.

Setelah pelatihan, Tim DEA memberikan bimbingan kepada peserta selama 14 hari.

"Selama 14 hari bisa diskusi melalui whatsapp grup. Setelah 14 hari dapat di-update kelulusan dan diberikan sertifikat," jelas Vidya.

"Diharapkan, setelah pelatihan ini, peserta mampu menggunakan pengiklanan dan SEO dalam pemasaran produk," ucapnya.

Baca juga: Setelah 6 Hari, Pencarian Korban Longsor di Sungai Pua Libatkan 2 Anjing Pelacak

Sementara, Asisten Pembangunan dan Perekonomian Agam, Jetson mengapreasi pelatihan ini. Ia berharap, peserta terpilih yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi pelopor yang mengembangkan pengetahuan ini kepada masyarakat luas.

Halaman:

Penulis: Hamriadi
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: