Tempuh Perjalanan 6 Jam, Gubernur dan Forkopimda Sumbar Temui Prajurit Yonif 133/YS di Perbatasan Papua

Senin, 20 November 2023, 14:00 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Tempuh Perjalanan 6 Jam, Gubernur dan Forkopimda Sumbar Temui Prajurit Yonif 133/YS di...
Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Reyen Obersyl didampingi Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan jajaran Forkopimda, menyalami prajurit Satgas Yonif 133/YS yang bertugas menjaga perbatan di Provinsi Papua Barat Daya, 15 November lalu. (humas)

SORONG (19/11/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan rombongan, tempuh perjalanan darat selama 6 jam lebih, untuk melakukan peninjauan pada tiga posko pengamanan perbatasan, di Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Posko yang dikunjungi adalah Posko Susumuk, Kisor dan Insum. Kunjungan ini, merupakan janji yang diucapkan saat melepas prajurit TNI dari Satgas Yonif 133/YS, pada bulan Mei 2023 lalu untuk bertugas menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI di Bumi Cenderawasih.

"Saat melepas prajurita kita ini dulu, kami sampaikan keinginan untuk melihat langsung ke sana. Alhamdulillah hari ini bisa terwujud," ucap Mahyeldi, Ahad.

Selama 6 jam perjalanan dari ibu kota Provinsi PDB, Kota Sorong itu, rombongan dari Sumbar ini ditemani Bupati Maybrat, Bernhard Eduard Rondonuwu.

"Dalam kunjungan ini, kita juga membawa buah tangah berupa rendang dan obat obatan untuk para prajurit, serta peralatan tulis untuk anak-anak yang tinggal di perkampuangan sekitar posko," ungkap Mahyeldi.

"Kita sangat bahagia dan terharu, bisa melihat langsung keadaan rekan-rekan prajurit di medan tugas ini. Semoga Allah senantiasa memberi perlindungan, kesehatan dan pahala yang berlipat ganda," doa Mahyeldi terhadap prajurit yang telah bertugas lebih kurang enam bulan di Provinsi PBD.

Diketahui, gubernur bersama Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumbar, terbang langsung ke Kota Sorong Ibukota Provinsi Papua Barat Daya (PBD), dari Kota Padang, Sumbar, untuk melihat kondisi 456 prajurit Satuan Tugas Bataliyon Infantri 133 Yudha Sakti (Satgas Yonif 133/YS), yang tengah bertugas di Bumi Cenderawasih.

Kunjungan 'tak biasa' oleh kepala daerah bersama Forkopimda ke medan tugas prajurit pada 15 November 2023 lalu ini, dinilai sebagai catatan sejarah baru.

Jajaran Forkopimda Sumbar yang ikut, di antaranya Danrem 032/Wirabraja, Wakapolda Sumbar, Danlantamal II Padang, Wakajati Sumbar, Ketua Pengadilan Tinggi Sumbar, Kepala Binda Sumbar, Kaban Kesbangpol Sumbar dan beberapa pejabat lainnya.

Saat tiba di Kota Sorong, Gubernur beserta rombongan Forkopimda disambut jajaran Forkopimda Provinsi Papua Barat Daya di Hotel Aston, Kota Sorong.

"Kita mendapat sambutan hangat dari Penjabat Sekretaris Daerah Papua Barat Daya, Danrem 181/PVT, Danlantamal XIV, Wakapolresta Sorong, Dandim 1802/Sorong, Danyon Kes 3 Mar, serta Kajari Sorong," ungkap Mahyeldi.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: