Evaluasi Perubahan APBD Sumbar 2023 Tuntas, Kemendagri Sorot Dua Hal Ini, Ini kata Supardi

Sabtu, 18 November 2023, 08:30 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Evaluasi Perubahan APBD Sumbar 2023 Tuntas, Kemendagri Sorot Dua Hal Ini, Ini kata Supardi
Ketua DPRD Sumbar, Supardi didampingi wakil ketua, Irsyad Syafar saat memimpin rapat paripurna dengan tiga agenda, Kamis. (humas)

PADANG (16/11/2023) - Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengingatkan gubernur beserta jajaran, untuk meningkatkan kinerjanya sehingga realisasi program dan kegiatan di perubahan APBD Sumbar 2023 bisa berjalan optimal.

Menurut Supardi, Menteri Dalam Negeri melalui Keputusan No: 900.1.1.4-6090 Tahun 2023 tanggal 7 November 2023, telah menetapkan hasil evaluasi Perubahan APBD Sumatera Barat 2023.

"Terdapat dua point penting yang perlu jadi perhatian gubernur dan pimpinan, pertama soal realisasi pendapatan daerah yang masih rendah dan kedua, soal realisasi Belanja Daerah yang juga masih rendah," ungkap Supardi pada rapat paripurna, Kamis.

Untuk mencapai target pendapatan dan mengoptimalkan realisasi belanja yang ditetapkan dalam Perubahan APBD Tahun 2023, ungkap Supardi, dapat diwujudkan dengan merealisasilan belanja daerah secara lebih maksimal.

Baca juga: DPRD Sumbar Panggil Kanwil BPN Sumbar dan Kantor BPN Padang, Bahas Konflik Agraria

Disebutkan Supardi, merujik Pasal 111 Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2019, Badan Anggaran DPRD Sumbar bersama TAPD, telah melakukan penyempurnaan terhadap hasil evaluasi Perubahan APBD Sumbar 2023.

Kemudian, hasil penyempurnaan tersebut juga sudah ditetapkan dengan Keputusan Pimpinan DPRD Nomor : 08/Kep.Pimp/2023.

Dengan telah ditindaklanjutinya hasil evaluasi terhadap Perubahan APBD Sumbar 2023, urai dia, secara prinsip OPD-OPD telah dapat melaksanakan program dan kegiatan yang ditampung.

"Berhubung waktu yang tersedia sangat terbatas, semua OPD diminta segera melaksanakan program dan kegiatannya yang ditampung dalam Perubahan APBD 2023 tersebut," tegas Supardi.

Baca juga: Supardi Kunjungi Booth Paviliun Sumbar di Aren PEJ 2024

"Kepada Komisi-Komisi, kami minta juga untuk mengawasi pelaksanaan program dan kegiatan OPD mitra kerja, agar realisasi pendapatan dapat mencapai atau bahkan melampaui target dan realisasi belanja dapat lebih optimal," tambahnya.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: